Liga 1

Luis Milla Bahas Persib Bandung Lagi Usai Berefleksi di Spanyol, Comeback?

Sabtu, 22 Juli 2023 18:37 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Mantan pelatih Persib, Luis Milla (kiri) saat mendampingi timnya pada laga pekan ketiga Liga 1 melawan Dewa United di stadion GBLA, Jumat (14/07/23). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Mantan pelatih Persib, Luis Milla (kiri) saat mendampingi timnya pada laga pekan ketiga Liga 1 melawan Dewa United di stadion GBLA, Jumat (14/07/23).

INDOSPORT.COM - Eks pelatih Persib Bandung, Luis Milla kembali menyita perhatian setelah menulis surat terbuka, pasca berpisah dari klub baru-baru ini. Dia menjelaskan situasi yang terjadi.

Luis Milla kini telah berada di Spanyol, setelah memutuskan mundur dan tidak lagi melatih Persib sejak pekan lalu.

Manajemen Persib menjelaskan adanya faktor pribadi menjadi alasan di balik keputusan pelatih berusia 57 tahun itu. Milla harus pulang kampung dan mencurahkan konsentrasi pada persoalan tersebut.

Faktor keluarga menjadi alasan utama kedua belah pihak berpisah. Hal itu diakui oleh Luis Milla.

Terbaru, eks pelatih Timnas Indonesia itu menulis surat terbuka di media sosial yang ditujukan ke keluarga Persib yang tercinta.

Luis Milla menyampaikan terima kasih atas dukungan selama ini. Dia mengatakan, masa-masa melatih Maung Bandung merupakan salah satu momen istimewa dalam karirnya.

"Setelah beberapa hari istirahat dan refleksi di Spanyol, saya ingin menyampaikan rasa terima kasih saya yang paling tulus kepada semua pihak dalam klub ini: manajemen, staf klub, kepada para penggemar luar biasa, Bobotoh, atas kasih sayang dan dukungan yang telah diberikan kepada kami selama dua musim ini, dan terutama kepada para pemain," tulis Kuis Milla di Instagram resminya.

"Merupakan suatu kehormatan dan hak istimewa bagi saya untuk menjadi bagian dari keluarga ini dan berbagi setiap kegembiraan dan tantangan," lanjutnya.

Setelah tak lagi melatih Persib, Luis Milla menyatakan dia akan jadi penggemar setia tim Biru Barat. Dia juga mendokan agar tim meraih kesuksesan di masa depan.

"Saya akan menyimpan setiap kenangan dan pengalaman yang saya alami di @persib di dalam hati saya. Saya mengucapkan yang terbaik untuk masa depan, dan saya yakin bahwa semua tujuan akan tercapai," tuturnya.

"Di Spanyol, kalian memiliki seorang Bobotoh baru untuk seumur hidup

Dengan penuh kasih sayang," tuntas Luis Milla.

Sebagai informasi, Luis Milla, direkrut oleh Persib pada Liga 1 2022-2023, untuk menggantikan posisi Robert Rene Alberts, yang memutuskan mundur menjelang bergulirnya pekan keempat musim lalu.

Selama di Persib, eks pemain Real Madrid itu memimpin 33 pertandingan. Catatannya adalah 17 kemenangan, tujuh hasil imbang dan enam kekalahan.

Sementara itu, manajemen Persib Bandung tetap menghargai keputusan Luis Milla yang memutuskan untuk mundur, meski Liga 1 2023/24 baru berjalan tiga pekan.

Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono menilai keputusan Luis Milla sangat mendadak.

Pasalnya, tiga asisten pelatih Luis Milla yakni Bayu Eka Sari, Manuel Perez Cascallana dan Carlos Grande Rodriguez ikut pergi.

Saat ini manajemen segera mencari sosok pengganti di sisa Liga 1 Indonesia 2023/24. Beberapa kriteria calon pelatih sudah dikantongi.

Teddy menuturkan, untuk menentukan sosok pengganti Luis Milla memang tidak mudah, apalagi saat ini kompetisi Liga 1 2023-2024 sedang bergulir dan akan memasuki pekan keempat.

Sehingga, sebelum menentukan pelatih baru, pihaknya akan akan melakukan diskusi di internal manajemen Persib, agar sosok yang direkrut menggantikan Luis Milla sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi.