Liga 1

Fakta Tersembunyi Junior Brandao, Bintang Brasil Idola Baru Madura United

Senin, 24 Juli 2023 20:05 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© MO Madura United
Selebrasi pemain Madura United, Junior Brandao dengan rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Persis pada pekan keempat Liga 1 di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan (Pamekasan), Minggu (23/07/23). (Foto: MO Madura United) Copyright: © MO Madura United
Selebrasi pemain Madura United, Junior Brandao dengan rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Persis pada pekan keempat Liga 1 di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan (Pamekasan), Minggu (23/07/23). (Foto: MO Madura United)

INDOSPORT.COM - Simak fakta tersembunyi Junior Brandao, bintang Brasil idola baru suporter Madura United di Liga 1 Indonesia 2023-2024.

Junior Brandao merupakan pemain anyar yang direkrut oleh Madura United, untuk menambah ketajaman di lini depan saat mengarungi Liga 1 2023/24.

Dalam empat pertandingan Liga 1 2023/24, dia menjadi idola baru Madura United. Pasalnya, pemain asal Brasil ini mampu berkontribusi signifikan bagi tim berjuluk Sape Kerrab.

Dari empat pertandingan yang sudah dilakoninya, Brandao, berhasil menyumbang dua gol dan satu assist bagi Madura United. Gol tersebut, dicetak pada pekan keempat Liga 1 2023-2024, saat menaklukkan Persis Solo.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Minggu (23/7/23), Madura United unggul dengan skor 4-3. Dalam laga itu, Junior Brandao juga terpilih sebagai man of the match.

Ada fakta tersembunyi dari Junior Brandao, yang menjadi bagian dari tim Madura United pada kompetisi Liga 1 2023-2024.

Sebelum bergabung dengan Madura United, Junior Brandao sempat dilatih legenda sepak bola Argentina, Gabriel Calderon, saat di tim Persepolis FC di kompetisi Liga Iran musim 2019/2020.

Gabriel Calderon sendiri selain legenda sepak bola Argentina, juga sempat melatih Timnas Arab Saudi, Ittihad, Al Hilal hingga Real Betis. 

Bersama Persepolis FC di bawah asuhan pelatih Gabriel Calderon, Junior Brandao, hanya mendapatkan kesempatan bermain dalam enam pertandingan di berbagai kejuaraan.

Meski demikian, pemain berusia 28 tahun ini turut meraih trofi juara Liga Utama Iran. Setelah bermain untuk Persepolis FC, Junior Brandao, kembali ke negaranya Brasil dan bergabung Atletico Clube Goianiense.

Sementara itu, pemain yang bernama lengkap Jose Brandao Goncalves Junior merupakan striker jebolan kompetisi Serie A Brasil. Dia sempat berkarier untuk Goias (2019) dan Atletico Goianiense (2020).

Namun, kariernya hanya stagnan di kompetisi level teratas negeri Samba tersebut. Paling mentok, timnya eksis di papan tengah klasemen akhir musim.

Kendati demikian, Brandao pernah mencatat prestasi penting dalam perjalanan kariernya, saat menjajal kompetisi Liga Utama Iran musim 2019/2020 lalu.

Rekrutan terbaru Madura United itu mengantar klub Persepolis meraih trofi juara Liga Utama Iran. Namun, dia hanya tampil selama lima kali semusim.

Di sisi lain, Brandao juga menjadi proyeksi jangka panjang Ludogorets. Dia membela klub kontestan Liga Utama Bulgaria itu selama empat musim pada 2018-2022.

Sayang, kiprahnya di Eropa berjalan tak mulus. Striker berusia 27 tahun itu seringkali menjalani masa peminjaman di klub-klub yang berkompetisi di Brasil.

Termasuk, ketika berkiprah di Liga Primer Portugal bersama Ria Ave musim 2020/2021. Namun karena berlaga dalam 10 laga, dia turun status ke tim kedua Rio Ave.

Brandao Junior sekaligus melengkapi Brazil Connection yang berada di Madura United. Cleberson Martins, Jaja, dan Lulinha berstatus pemain asing plus Alberto Goncalves yang merupakan naturalisasi.