In-depth

Alasan Kuat Klub-klub Top Eropa Pilih Amerika Serikat untuk Jalani Pramusim

Selasa, 25 Juli 2023 12:59 WIB
Editor: Juni Adi
© Reuters/Vincent Carchietta-USA TODAY Sports
Gabriel Magalhaes berduel dengan Alejandro Garnacho di laga pramusim Arsenal vs Manchester United (23/07/23). (Foto: Reuters/Vincent Carchietta-USA TODAY Sports). Copyright: © Reuters/Vincent Carchietta-USA TODAY Sports
Gabriel Magalhaes berduel dengan Alejandro Garnacho di laga pramusim Arsenal vs Manchester United (23/07/23). (Foto: Reuters/Vincent Carchietta-USA TODAY Sports).

INDOSPORT.COM - Sejak 2013 banyak klub-klub sepak bola top Eropa yang mulai enggan menjalani persiapan pramusim berkunjung jauh ke suatu negara di benua lain, dan memilih fokus bermain di Amerika Serikat. Apa alasannya?

Kompetisi sepak bola di negara-negara Eropa saat ini tengah memasuki masa libur, setelah merampungkan kalender musim lalu.

Kesempatan itu dimanfaatkan oleh seluruh klub untuk melakukan evaluasi dan persiapan menyongsong musim baru.

Amerika Serikat masih menjadi destinasi yang menarik bagi klub-klub Eropa dengan nama besar untuk menjalani persiapan pramusim. 

Di Negeri Paman Sam, para klub top Eropa tidak hanya melakoni pertandingan uji coba dengan tim lokal tetapi diwadahi oleh sebuah turnamen bernama International Champions Cup (ICC).

Pada edisi 2023 ini yang dimulai pada 22 Juli hingga 02 Agustus 2023, diikuti oleh enam klub top Eropa yakni Juventus, Barcelona, Real Madrid, AC Milan, Manchester United, Chelsea, dan Arsenal.

Keikutsertaan klub-klub top Eropa di turnamen pramusim tersebut, mulai mengubah kebiasaan dari yang harusnya mengunjungi suatu negara di belahan benua lain, menjadi terpusat.

Dari yang biasanya disebut Tur Pramusim kini menjadi hanya Pramusim, lantaran tak ada yang bebepergian jauh. Manchester United misalnya, mereka kerap melakukan tur ke berbagai belahan dunia.

Pada tahun 2006 bahkan mereka sempat melakoni pramusim ke benua Afrika Selatan. Kala itu mereka melakoni uji coba dengan tim lokal Kaizer Chiefs. Kala itu mereka kalah 3-4.

Tiga tahun berselang, Asia menjadi target Manchester United. Indonesia masuk dalam daftar yang mereka kunjungi, sayang saat itu terjadi teror bom sehingga batal.

Hingga saat ini, belum ada lagi kesempatan Setan Merah datang ke Tanah Air. Kebanyakan mereka memilih untuk bermain pramusim di Amerika Serikat mengikuti turnamen Internasional Champions Cup.