In-depth

Deretan Transfer Termahal Klub Eropa di Musim Panas 2023: Declan Rice Masih Teratas

Selasa, 25 Juli 2023 10:20 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Reuters/Peter Nicholls
Declan Rice saat laga Liga Inggris antara West Ham United vs Wolverhampton Wanderers Copyright: © Reuters/Peter Nicholls
Declan Rice saat laga Liga Inggris antara West Ham United vs Wolverhampton Wanderers

INDOSPORT.COM - Bursa transfer musim panas 2023 sejumlah kompetisi di Eropa masih berlangsung, di mana kepeindahan Declan Rice ke Arsenal masih menjadi yang termahal.

Untuk memperkuat tim jelang kompetisi musim 2023-2024, sejumlah klub melakukan penambahan amunisi berupa pemain baru di bursa transfer kali ini.

Di Liga Inggris (Premier League) ada Arsenal, Liverpool, Chelsea dan Manchester United yang menjadi klub paling aktif dalam berburu pemain baru di bursa transfer.

Kemudian di Liga Spanyol, masih soal persaingan Real Madrid dan Barcelona. Di Liga Italia ada AC Milan, Juventus, AS Roma hingga Inter Milan.

Dari banyaknya kepindahan pemain yang sudah deal hingga 25 Juli 2023, berikut INDOSPORT telah merangkum deretan transfer paling mahal di musim panas ini:

Moussa Diaby

Aston Villa baru saja sukses mengamankan Moussa Diaby dari Bayer Leverkusen pada Minggu (23/07/23) lalu dengan mahar sekitar 55 juta Euro atau sekitar Rp914 miliar.

Harga tersebut membuat Moussa Diaby masih ke dalam jajaran pemain dengan transfer termahal di bursa transfer musim panas 2023 ini.

Mahar tersebut memang sudah selayaknya diberikan kepada pemain asal Prancis tersebut. Pasalnya, ia tampil istimewa bersama Bayer Leverkusen dengan mengemas 49 gol dan membuat 48 assist dalam 173 pertandingan kompetitif.

Manuel Ugarte

Selanjutnya ada Manuel Ugarte yang resmi bergabung ke PSG sejak Jumat (07/07/23) lalu dari Sporting Lisbon. Ia diboyong ke Paris dengan mahar 60 juta Euroa atau sekitar Rp997 miliar.

Mahar tersebut sedikit lebih mahal ketimbang transfer Moussa Diaby ke Aston Villa. Oleh sebab itu, Manuel Ugarte layak masuk ke dalam deretan transfer termahal di musim panas 2023.

Manuel Ugarte memang menjadi bintang di Sporting Lisbon hingga membuat PSG mau membayar mahal. Pada musim lalu, ia tidak tergantikan sebagai gelandang bertahan dengan memainkan 31 laga di kasta tertinggi Liga Portugal.

Christopher Nkunku

Chelsea resmi mengamankan tanda tangan Christopher Nkunku sejak Selasa (20/06/23) lalu dari RB Leipzig. The Blues rela menggelontorkan dana sebesar 60 juta Euro atau sekitar Rp997 miliar.

Sebenarnya Christopher Nkunku sudah lama diminati oleh Chelsea. Hal itu berkat penampilan gemilangnya bersama RB Leipzig.

Christopher Nkunku tercatat sukses mengemas 16 gol dan empat assist bersama RB Leipzig di Bundesliga Jerman musim 2022-2023 lalu.