Liga Inggris

Hasil Riset 4 Kiper Terbaik Liga Inggris, Siapa Paling Hebat?

Selasa, 25 Juli 2023 22:00 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Marko Djurica
Manchester United, Arsenal, Manchester City dan Newcastle United akan mewakili klub Liga Inggris di Liga Champions musim depan, siapa yang punya kiper apik? Copyright: © REUTERS/Marko Djurica
Manchester United, Arsenal, Manchester City dan Newcastle United akan mewakili klub Liga Inggris di Liga Champions musim depan, siapa yang punya kiper apik?

INDOSPORT.COM - Manchester United, Arsenal, Manchester City dan Newcastle United akan mewakili klub Liga Inggris di Liga Champions musim depan. Dari empat tim itu, tim mana yang punya kiper tangguh?

Karenanya, Opta melakukan sebuah riset mengenai performa kiper utama empat klub tersebut. Sebagai informasi, Opta adalah sebuah perusahaan yang menganalisa performa di bidang olahraga. 

Baru-baru ini, Opta menganalisa empat kiper klub Liga Inggris, yakni Andre Onana, Aaron Ramsdale, Ederson dan Nick Pope yang akan tampil di Liga Champions.

Ederson dan Onana adalah adalah kiper berpengalaman dan beraksi di final Liga Champions 2022. Keduanya juga sudah bertahun-tahun beraksi di kompetisi paling Elit di Eropa itu. 

Sedangkan bagi Ramsdale dan Pope, ini akan menjadi pengalaman pertama mereka di Liga Champions. 

Ederson, Ramsdale dan Pope sudah menunjukkan kualitas mereka di Liga Inggris. Sementara Andre Onana musim ini akan membela Setan Merah setelah didatangkan dari Inter Milan. 

Lantas bagaimana membandingkan mereka, satu sama lain? 'Indeks Performa Opta' lantas menunjukan kiper mana yang paling unggul. 

Untuk Onana, data yang diambil adalah ketika dia bermain di Serie A Italia musim lalu. Lalu Pope, Ederson dan Ramsdale berdasarkan penampilan di Liga Inggris.

Berdasarkan catatan Opta, Onana melakukan 47,3 sentuhan per 90 menit, lalu membuat 38 passing, skor 13,8 untuk long pass dan lebih tinggi dalam hal menciptakan peluang.

Bersama Inter Milan musim lalu, kiper 27 tahun itu mainkan 41 pertandingan di semua kompetisi. Onana kebobolan 36 gol dan mencatatkan 19 clean sheet.