Liga Indonesia

Patut Bangga! 3 Perbedaan Telak Kualitas Liga Indonesia dengan Malaysia

Selasa, 25 Juli 2023 16:30 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Indonesia pantas berbangga diri lantaran liga sepak bola di Tanah Air memiliki kualitas yang jauh lebih unggul dibanding negara tetangga, Malaysia. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Indonesia pantas berbangga diri lantaran liga sepak bola di Tanah Air memiliki kualitas yang jauh lebih unggul dibanding negara tetangga, Malaysia.

INDOSPORT.COM - Indonesia pantas berbangga diri lantaran liga sepak bola di Tanah Air memiliki kualitas yang jauh lebih unggul dibanding negara tetangga, Malaysia.

Ada tiga perbedaan mencolok yang mendasari betapa liga Indonesia lebih terorganisir dan menghibur, yakni kompetitif, suporter, dan finansial.

Kompetitif

Beberapa waktu yang lalu, pemain Persita Tangerang yang bernama Christian Rontini membeberkan kualitas liga Indonesia dan Malaysia.

"Saya telah membicarakan perbandingan Liga di Indonesia dan Malaysia di wawancara saya sebelumnya," ungkap Christian Rontini.

"Indonesia memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan Malaysia, namun tidak jauh berbeda dalam hal organisasinya," tambahnya.

"Di Malaysia, lima tim teratas yang sangat kuat dan terorganisir sangat jauh berbeda dari sembilan tim lainnya. Hanya JDT dan Selangor yang selalu menang."

"Lalu, di Indonesia semua tim terorganisir dan setiap tim memiliki kesempatan untuk menang. Untuk itu, kita harus bekerja sekeras mungkin untuk bisa menjadi juara di turnamen ini," tegas Rontini.

Komentar bek Persita tersebut bukan tanpa sebab. Dari empat musim terakhir, gelar juara Liga 1 diraih oleh tiga klub yang berbeda.

Pada 2018, Persija Jakarta berhasil meraih trofi. Pada 2021 dan 2022, gantian Bali United yang juara back-to-back. Terakhir pada 2022/23, giliran PSM Makassar sukses finis di posisi satu.

Dengan kemampuan tim Liga Indonesia yang hampir sama, kompetisi sepak bola di Indonesia lebih menghibur dibanding Malaysia.