Liga 1

Erick Thohir Bakal Buat Regulasi Akuisisi Klub Liga 1, Berkiblat ke Liga Italia?

Rabu, 26 Juli 2023 18:18 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Indra Citra Sena
© Ammara Marthiara/INDOSPORT
Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, bakal membuat regulasi Akuisisi klub Liga 1 pada press conference Selasa (25/07/23), akankah ngiblat ke Liga Italia? (Foto: Ammara Marthiara/INDOSPORT) Copyright: © Ammara Marthiara/INDOSPORT
Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, bakal membuat regulasi Akuisisi klub Liga 1 pada press conference Selasa (25/07/23), akankah ngiblat ke Liga Italia? (Foto: Ammara Marthiara/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, memastikan bakal membuat regulasi akuisisi klub Liga 1 Indonesia. Akankah berkiblat ke Liga Italia?

Hal tersebut dikarenakan Erick Thohir mengacu pada klub di luar negeri yang memiliki kualitas lebih baik dibandingkan Liga 1.

Pada kompetisi di luar negeri, setiap proses akuisisi tidak hanya melibatkan liga nya saja, tetapi juga melibatkan federasi.

Sebagai contoh Erick Thohir pernah berada di Liga Italia dengan menduduki jabatan sebagai Presiden Inter Milan selama lebih kurang 5 tahun, mulai dari 2013 hingga 2018.

Maka tak ayal jika pria kelahiran Jakarta pada 30 Mei 1970 tersebut berniat mengembangkan aturan yang saat ini masih belum sempurna.

Oleh sebab itu, Erick Thohir mengatakan harus ada cross check, screening, dan menghindari untuk menjadikan klub sebagai komersialisasi.

"Regulasi pembelian klub belum ada. Makanya kita harus buat. Karena gini, tentu aturan yang ada itu harus dikembangkan," kata Erick Thohir dalam press conference, Selasa (25/7/23).

"Dari pengalaman saya, kalau di luar negeri setiap akuisisi klub harus disetujui oleh federasinya, tidak cuma dari liga nya saja," tambah Ketum PSSI tersebut.

"Semua itu harus di CEO, di screening, jangan terjadi jual beli klub secara terus menerus, atau, menjadikan klub sebagai bahan komersialisasi," pungkasnya.

Selanjutnya, Erick Thohir juga membeberkan soal perkataan yang pernah diungkapkan ketika mengakuisisi raksasa Liga Italia, Inter Milan.