Liga 1

Pemain Termahal Liga 1 Masih Absen, Fokus Bali United Beralih ke Alex Martins?

Rabu, 26 Juli 2023 16:33 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© MO Bali United
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco. (Foto: MO Bali United) Copyright: © MO Bali United
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco. (Foto: MO Bali United)

INDOSPORT.COM - Bali United tidak merasa diuntungkan ketika Dimitrios Kolovos bakal absen membela Dewa United FC dalam laga pekan kelima Liga Indonesia 1 2023/24, Sabtu (29/7/23). Fokus mereka kemungkinan bergeser ke Alex Martins.

Dimitrios Kolovos merupakan pemain termahal Liga 1 2023/24 versi Transfermarkt. Nilai pasaran pemain yang pernah merumput di Liga Champions Eropa 2021-2022 bersama FC Sheriff mencapai angka Rp10,4 miliar.

Kolovos mengawali aksinya di Liga 1 dengan luar biasa. Dia mencatatkan dua kemenangan beruntun bersama Dewa United dengan turut menyumbangkan satu gol.

Namun, sanksi dari komite disiplin (Komdis) PSSI terkait insiden dalam laga melawan PSM Makassar memaksanya beristirahat dalam tiga pekan.

Kolovos sudah absen melawan Persib Bandung dan Persik Kediri. Kini, hukumannya tersisa untuk laga kontra Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Sabtu (29/7/23).

Meski Kolovos masih absen, Bali United tak merasa diuntungkan. Toh Dewa United justru bisa menahan Persib Bandung 2-2 dan menggulung Persik Kediri 3-0.

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, memandang Dewa United sebagai sebuah kesatuan. Mereka tampil luar dengan torehan 10 poin dalam empat laga awal Liga 1 2023/24.

"Kami respek kepada semua pemain dari Dewa United, bukan cuma satu pemain saja. Kami harus bekerja keras melawan tim bagus," kata Teco, sapaan akrab Stefano Cugurra.

Ungkapan Teco cukup beralasan. Dewa United masih memiliki bomber asal Brasil, Alex Martins. Eks Bhayangkara FC itu sukses mencetak lima gol.

Hebatnya, gol itu tercipta di empat partai awal bersama Dewa United. Setelah masing-masing sekali menjebol Arema FC, PSM Makassar, serta Persib, Alex membuat brace ke gawang Persik Kediri.

Ada pula gelandang serang asal Lebanon, Majed Osman. Pemain lincah berusia 29 tahun itu sudah mencetak tiga assist atau menyamai catatan yang dibuat gelandang Persis Solo, Alexis Messidoro.

Teco memastikan partai melawan Dewa United sangat penting, meski laga Kualifikasi Liga Champions Asia melawan wakil Hongkong, Lee Man FC, bakal berlangsung pada 16 Agustus mendatang.

Teco memastikan Liga 1 merupakan bagian dari persiapan agar bisa tampil bagus di Liga Champions Asia. Fokus detail baru dilakukan beberapa hari menjelang laga melawan Lee Man FC.

"Tim pasti fokus ke Liga 1 dulu. Tunggu Agustus, baru akan melihat situasi tim untuk membagi fokus antara Liga 1 dan Liga Champions Asia," ungkap Teco.

Pasang Mohammed Rashid

Dalam laga melawan Dewa United, Bali United kemungkinan besar tak akan memasang Ricky Fajrin sebagai gelandang bertahan lagi. Posisi itu akan ditempati Mohammed Rashid sejak menit pertama.

Ricky terpaksa digeser ke pos gelandang bertahan saat laga melawan Arema FC karena Rashid baru tiba H-1 pertandingan, setelah sempat melangsungkan pernikahan di Palestina.

"Rashid tidak ikut latihan (sebelum lawan Arema), pasti ketika tidak ikut latihan, ada penurunan kondisi. Makanya kita masukkan Rashid saat Arema mulai capek," jelas Teco.

Bali United punya optimisme untuk melanjutkan tren kemenangan, sekaligus memberi kekalahan pertama untuk Dewa United di Liga 1 2023-2024.

"Sekarang kita sudah kembali ke performa. Lawan Madura menang, lawan Arema menang. Sebagai tuan rumah kita harus dapat banyak poin agar suporter yang datang bisa menikmati pertandingan dari Bali United," tandas Teco.