Liga 1

Potensi Cuci Gudang Pemain Asing Persib Usai Bojan Hodak Gantikan Luis Milla

Rabu, 26 Juli 2023 20:25 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© Official PSM Makassar
Pelatih Bojan Hodak saat masih menangani PSM Makassar. Copyright: © Official PSM Makassar
Pelatih Bojan Hodak saat masih menangani PSM Makassar.

INDOSPORT.COM - Persib Bandung berpotensi cuci gudang pemain asing. menyusul keputusan meminang Bojan Hodak. Dia menggantikan posisi Luis Milla yang memilih mundur dari jabatannya sebagai pelatih.

Manajemen sudah mengumumkan Bojan Hodak sebagai pelatih lantaran Luis Milla memutuskan untuk mundur dari jabatannya usai pertandingan pekan ketiga Liga 1 2023-2024.

Luis Milla memutuskan meninggalkan tim Persib, bukan karena desakan Bobotoh atau manajemen terkait penampilan skuat Maung Bandung di tiga laga awal Liga 1 2023-2024.

Walaupun Persib hanya mampu meraih hasil imbang pada tiga pertandingan kompetisi Liga 1 2023-2024, Luis Milla mundur karena alasan keluarga yang ada di negaranya Spanyol.

Faktor persoalan pribadi tersebut, menjadi alasan di balik pengambilan keputusan pelatih berusia 57 tahun ini. Sehingga, untuk bisa menyelesaikan persoalan itu, Luis Milla harus kembali ke Spanyol dan mencurahkan segenap perhatian dan konsentrasinya.

Setelah Luis Milla mundur, manajemen Persib menunjuk pelatih fisik Yaya Sunarya sebagai caretaker dibantu oleh pelatih kiper, Luizinho Passos dan asistennya I Made Wirawan. 

Pada masa persiapan menyambut Liga 1 2023-2024, Luis Milla mendatangkan dua pemain asing anyar, yakni Tyronne del Pino dan Alberto Rodriguez Martin.

Kedua pemain tersebut berasal dari negara yang sama dengan Luis Milla, yakni Spanyol. Namun, saat ini tinggal satu pemain tersisa, siapa lagi kalau bukan Alberto Rodriguez Martin.

Pasalnya, Tyronne del Pino mengalami cedera dan membutuhkan waktu pemulihan cukup lama, usai pertandingan perdana Liga 1 2023-2024 menghadapi Madura United.

Sebagai gantinya, Persib mendatangkan Levy Clement Madinda, mantan gelandang serang Timnas Gabon dari klub Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT).

Gelandang kelahiran Libreville, 22 Juni 1992 ini didatangkan Persib dari klub Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT) dengan status pemain pinjaman, hingga bulan Desember 2023.

Selain itu, empat pemain asing lainnya yang dimiliki oleh Persib yakni David da Silva, Ciro Alves, Nick Kuipers dan Daisuke Sato, sudah bergabung dengan tim Persib sejak musim lalu.

Penampilan David da Silva dan Ciro Alves, sejauh ini cukup bagus, pasalnya dari empat pertandingan mereka berhasil menyumbang masing-masing dua gol.

Sedangkan lini belakang Persib yang dihuni Nick Kuipers dan Daisuke Sato, sejauh ini hingga memasuki pekan keempat sudah kebobolan 10 gol.

Melihat komposisi dan penampilan pemain yang ada saat ini, tidak menutup kemungkinan setelah berakhirnya putaran pertama Liga 1 2023-2024, Bojan Hodak akan melakukan perombakan.

Apalagi, manajemen Persib sendiri memiliki target agar Bojan Hodak bisa membawa skuad Maung Bandung lebih baik lagi dan meraih target awal yakni masuk ke posisi empat besar.

Selain itu, Bojan Hodak pasti memiliki kebutuhan pemain yang berbeda dengan pelatih sebelumnya. Sehingga, patut ditunggu wajah baru Persib, termasuk mengenai kemungkinan perubahan komposisi pemain.

Apakah mantan pelatih PSM Makassar tersebut akan melakukan perubahan komposisi pemain setelah putaran pertama Liga 1 berakhir atau justru mempertahankan skuat yang ada.