Liga 1

5 Fakta Menarik di Balik Kemenangan Persib Bandung Atas Persik Kediri

Sabtu, 29 Juli 2023 10:58 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/INDOSPORT
Selebrasi para pemain Persib Bandung dalam pertandingan Liga 1 di stadion GBLA, Jumat (14/7/23). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Selebrasi para pemain Persib Bandung dalam pertandingan Liga 1 di stadion GBLA, Jumat (14/7/23).

INDOSPORT.COM - Terdapat fakta menarik dari kemenangan yang diraih Persib Bandung atas Persik Kediri dalam pertandingan tandang Liga 1 Indonesia 2023/24.

Persib berhasil meraih kemenangan pada pertandingan pekan ke-5 Liga 1 2023/24, setelah menaklukkan Persik Kediri dengan skor 1-2 di Stadion Brawijaya, Kediri, Jumat (29/7/23).

Pada pertandingan tersebut, Persib yang bermain sebagai tamu sempat tertinggal lebih dulu 1-0 di awal pertandingan melalui gol Flavio, setelah Persik Kediri memanfaatkan situasi di lini pertahanan Maung Bandung, dengan mencuri gol cepat di menit keempat. 

Berawal dari tendangan keras Renan Silva yang gagal diamankan dengan baik oleh kiper Fitrul Dwi, bola rebound kemudian disambar Flavio yang menusuk nyaris tanpa kawalan untuk menjadi gol.

Persik masih terus dominan bahkan usai kehilangan Renan yang harus menerima kartu kuning kedua usai tekel keras pada Dedi Kusnandar di menit ke-34.

Setelah berjuang cukup lama, Persib akhirnya dapat memecah kebuntuan pada menit 83, bola sepakan dari Ciro dari sayap kiri justru gagal dibaca kiper Persik Kediri, Dikri Yusron, sehingga skor imbang menjadi 1-1.

Persib tak butuh waktu lama untuk membalikan kedudukan, empat menit setelah skor imbang 1-1, Ryan Kurnia berhasil membawa skuad Maung Bandung unggul atas Macan Putih.

Ryan mampu menanduk umpan matang dari rekannya untuk membawa timnya berbalik unggul 1-2 dan tidak ada gol tambahan sampai peluit panjang wasit bunyikan.

Terdapat fakta menarik dari kemenangan Persib atas Persik Kediri di pekan kelima kompetisi Liga 1 2023-2024.

Berikut INDOSPORT mengulas tentang fakta menarik dari kemenangan Persib Bandung atas Persik Kediri di Stadion Brawijaya, Jumat (28/7/23).

1. Kemenangan Perdana Persib di Liga 1 2023/24

Hasil yang diraih pada pertandingan pekan kelima tersebut, menjadi kemenangan perdana Persib Bandung di kompetisi Liga 1 2023-2024, pasalnya dalam empat laga sebelumnya skuad Maung Bandung hanya mampu meraih tiga kali imbang dan satu kekalahan.

Pada empat pertandingan sebelumnya, Persib bermain imbang dengan Madura United, Arema FC, Dewa United dan kalah dari PSM Makassar.

Selain itu, tiga poin yang diraih atas Persik Kediri, sekaligus menjadi kemenangan perdana tim kebanggaan Bobotoh pada pertandingan tandang Liga 1 2023-2024.

2. Gol Perdana Ryan Kurnia di Liga 1 2023/24

Persib Bandung sempat tertinggal lebih dulu 1-0 di menit ke-4, melalui gol Flavio, setelah Persik Kediri memanfaatkan situasi di lini pertahanan skuad Maung Bandung.

Persib akhirnya dapat memecah kebuntuan pada menit 83, bola sepakan dari Ciro dari sayap kiri justru gagal dibaca kiper Persik Kediri, Dikri Yusron, sehingga skor imbang menjadi 1-1.

Ryan Kurnia berhasil membawa skuad Maung Bandung unggul atas Macan Putih di menit 87, setelah bola sundulannya tidak dapat diantisipasi oleh penjaga gawang Persik.

Gol yang membuat Persib meraih kemenangan tersebut, menjadi gol perdana bagi Ryan Kurnia di kompetisi Liga 1 2023-2024.

3. Persib Unggul Jumlah Pemain

Pada pertandingan pekan kelima kompetisi Liga 1 2023-2024, Persib Bandung unggul jumlah pemain sejak menit 34 setelah satu pemain Persik Kediri diganjar kartu merah.

Renan Silva sebelumnya sudah mendapatkan kartu kuning saat memasuki menit tiga, gelandang serang asal Brasil tersebut kembali mendapatkan kartu kuning di menit 34 yang membuatnya menerima kartu merah.

4. Rotasi Pemain

Caretaker pelatih Persib, Yaya Sunarya, melalukan rotasi pemain pada pertandingan menghadapi Persik Kediri di pekan kelima kompetisi Liga 1 2023-2024.

Pada pertandingan tersebut, Yaya Sunarya memasang beberapa pemain yang sebelumnya tidak tampil, bahkan Fitrul Dwi Rustapa menjalani debutnya di Liga 1 2023-2024 dalam laga tandang ini.

Sebelumnya, posisi kiper Persib dalam empat pertandingan diisi oleh Teja Paku Alam namun dalam laga tersebut Fitrul Dwi Rustapa akhirnya bermain sebagai starter dan hanya kemasukan satu gol. 

Selain itu, Ezra Walian juga diturunkan sebagai starter, sebelumnya dia lebih banyak bermain sebagai pemain pengganti.

Kemudian, pada pertandingan tersebut, bek asing Persib, Alberto Rodriguez Martin, disimpan di bangku cadangan. Padahal, sebelumnya dia sering tampil sebagai starter.

Tak hanya itu, Eriyanto pada empat pertandingan sebelumnya tidak ada dalam daftar susunan pemain (DSP), pada laga menghadapi Persik namanya tercatat berada di DSP Persib.

5. Bojan Hodak Hadir di Kediri

Yaya Sunarya masih menjadi caretaker pelatih Persib, pada pertandingan menghadapi Persik Kediri. Meski demikian, pelatih anyar skuad Maung Bandung, Bojan Hodak sudah hadir mendampingi tim meskipun tidak berada di bench.

Pelatih berkebangsaan Kroasia tersebut, setibanya di Indonesia langsung bertolak ke Kediri untuk bertemu dengan seluruh anggota skuad Persib yang akan bertanding menghadapi Persik.

Bojan datang bersama Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono. Mantan pelatih PSM Makassar itu, bertemu dan diperkenalkan bersama seluruh awak tim sebelum bertolak menuju Stadion Brawijaya.