Liga Indonesia

Daftar Klub Liga 2 2023/24 yang Paling Doyan Gonta-ganti Nama Sampai 3 Kali

Kamis, 27 Juli 2023 17:35 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Logo FC Bekasi City. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Logo FC Bekasi City.

INDOSPORT.COM - Kompetisi Liga 2 2023-2024 akan segera bergulir dan beberapa tim peserta sudah mulai mempersiapkan diri, bahkan ada juga klub yang berganti nama.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) berencana menggelar kick-off Liga 2 2023/24 pada awal September 2023. Kompetisi tersebut akan diikuti total 28 tim peserta.

Dari 28 peserta kompetisi tersebut, ada klub yang berganti nama, bahkan ada juga yang selama perjalanan di sepak bola Indonesia sudah mengalami perubahan nama sampai tiga kali.

Berikut INDOSPORT mengulas daftar klub Liga 2 2023/24 yang doyan gonta-ganti nama sampai tiga kali.

FC Bekasi City (PSG Pati, AHHA PS Pati, FC Bekasi City)

PSG Pati adalah nama awal klub ini, saat itu tim ini dikelola oleh Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, kemudian pada 2021 diakuisisi Atta Halilintar dan Putra Siregar. 

Setelah diakuisisi, PSG Pati di tangan Atta dan Putra Siregar, berganti nama menjadi AHHA PS Pati. Nama tersebut, merupakan singkatan dari dua pemilik klub, Atta Halilintar dan Putra Siregar.

Tak hanya mengubah nama, tim ini pun mengubah logo. Sebelumnya PSG Pati berlogo Ikan Bandeng sebagai hewan khas Pati, AHHA PS Pati mengubahnya dengan sosok kuda hitam.

Kemudian, setelah mengarungi Liga 2 2021, AHHA PS Pati memutuskan berpindah markas ke Kota Bekasi dan mengubah nama menjadi FC Bekasi City.

Persipal Palu (Aceh United, Babel United, Muba United, Persipal Palu)

Sebelum berganti nama menjadi Persipal Palu, klub yang bermarkas di Stadion Gawalise ini merupakan Muba United yang berlaga di kompetisi Liga 2.

Perjalan ini diawali dari Aceh United yang dijual dan berganti nama menjadi Babel United. Klub tersebut hanya bertahan semusim di Liga 2 2019.

Setelah itu, Babel United dijual ke Sumatera Selatan dan berganti nama menjadi Muba United. Klub tersebut berkiprah di Liga 2 2020 hingga 2021.

Kemudian, Muba Babel United justru dibeli pada akhir Juni 2022 lalu dan berganti nama menjadi Persipal Palu, untuk mengarungi kompetisi Liga 2 2022-2023.

Sulut United (Persikad Depok, Bogor FC, Sulut United)

Jauh sebelum berganti nama menjadi Sulut United, klub ini mengawali perjalanan dari Depok dengan nama Persikad Depok, kemudian pada akhir 2017 dijual.

Setelah dijual, klub tersebut berganti nama menjadi Bogor FC. Mereka langsung berlaga di Liga 3 dengan mengusung pemain-pemain muda, dan berhasil promosi ke kompetisi Liga 2 2019.

Menjelang dimulainya Liga 2 2019, Bogor FC resmi dijual sekaligus berpindah markas ke Manado, Sulawesi Utara dan berganti nama menjadi Sulut United.

Malut United (Putra Jombang, Putra Delta Sidoarjo, Malut United)

Putra Delta Sidoarjo, menjadi Maluku Utara United atau akan dikenal dengan singkatan Malut United FC, setelah tim asal Jawa Timur itu dibeli, 30 Januari silam. 

Sebagai informasi, Putra Delta Sidoarjo merupakan tim kontestan Liga 2 asal Jawa Timur. Sebelumnya, klub ini juga memiliki nama Putra Jombang.

Disinyalir, Putra Delta Sidoarjo dijual oleh pemiliknya menyusul kisruh dan ketidakjelasan Liga 2 2022/23 yang distop buntut Tragedi Kanjuruhan yang memakan korban ratusan jiwa.