Liga 1

Anderson Nascimento Belum Pikirkan Degradasi Yang Kini Mengancam Persik Kediri

Senin, 31 Juli 2023 02:00 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© MO Persik Kediri
Persik Kediri bisa dibilang sukses dalam memperbaiki start pada 5 pekan awal kompetisi Liga 1 2023/2024 dibanding kiprah mereka pada musim lalu. (Foto: MO Persik Kediri) Copyright: © MO Persik Kediri
Persik Kediri bisa dibilang sukses dalam memperbaiki start pada 5 pekan awal kompetisi Liga 1 2023/2024 dibanding kiprah mereka pada musim lalu. (Foto: MO Persik Kediri)

INDOSPORT.COM - Persik Kediri bisa dibilang sukses dalam memperbaiki start pada 5 pekan awal kompetisi Liga 1 2023/2024 dibanding kiprah mereka pada musim lalu.

Pada musim 2022/2023 lalu, Persik justru melempem. Menjalani periode 5 laga, tim yang ketika itu dilatih Javier Roca hanya meraup 1 poin dari 1 kali imbang dan 4 kalah.

Sedangkan musim ini, Persik  mengemas 4 poin. Arthur Irawan dkk sudah memenangi laga kontra Arema FC 5-2 (15/7/23) dan imbang 1-1 lawan Borneo FC (3/7/23).

Ironisnya, tim berjulukan Macan Putih justru kalah dua kali beruntun. Dimulai kalah 0-3 lawan Dewa United (21/7/23) dan 1-2 menjamu Persib Bandung (28/7/23).

Sayang, start yang lebih baik ini tak berjalan lurus dengan posisi tim. Anak asuh Marcelo Rospide kini bahkan terancam degradasi, karena berada di urutan 16 klasemen.

Anderson Nascimento pun belum berpikir terlalu jauh terhadap ancaman degradasi yang kini dihadapi Persik Kediri. Lantaran kompetisi baru berjalan 5 pekan.

"Tidak, saya tidak takut. Kompetisi baru saja dimulai dan di sepak bola, kita tidak tahu apa yang akan terjadi di depan," tutur bek asing asal Brasil tersebut.

Namun, dia sangat optimis rekan setimnya mampu segera keluar dari situasi sulit ini. Pengalaman Persik musim lalu sudah membuktikan.

Anderson datang pada paruh kedua saat Persik di posisi terbawah. Pelan tapi pasti, tim asuhan Divaldo Alves bangkit dan mampu finis di peringkat 11 klasemen akhir.

"Ketika itu kami berada di posisi bawah dan bisa bangkit. Kami harus melupakan hasil yang lalu dan fokus lagi ke depan," tandas Anderson.

Tidak Beruntung

Anderson Nascimento pun paham, bahwa 2 kekalahan beruntun memang pertanda tidak bagus bagi perjalanan Persik Kediri pada Liga 1 2023/2024.

Namun, hal itu sudah biasa terjadi di sepak bola. Sehingga, tidak perlu ada rasa khawatir yang berlebihan dalam menyikapi rentetan hasil tak maksimal.

"Kehilangan 2 laga (karena kalah) memang tidak bagus. Tapi kami masih punya banyak pertandingan yang penting lainnya," beber Anderson.

Bek tangguh berusia 30 tahun ini pun menilai bahwa hasil yang diraih Persik juga ada andil faktor keberuntungan. Terlebih, rekan setimnya sudah tampil bagus.

Situasi ini tercermin saat Persik dikalahkan Persib Bandung 1-2 di Stadion Brawijaya, Jumat (28/7/23). Persik unggul dulu sejak menit 3 lewat gol Flavio Silva.

Namun, kartu merah Renan Da Silva menit 35 mengubah segalanya. Persib lantas bangkit melalui dua gol Ciro Alves menit 83 dan Ryan Kurnia (87).

"Kartu merah (kepada Renan) itu saya pikir keputusan kurang tepat. Tapi saya tidak akan berbicara soal kinerja wasit," ungkap Anderson Nascimento.

"Kami sudah bermain cukup bagus. Tapi dalam beberapa situasi, tim tidak beruntung. Kami wajib perbaiki untuk lebih baik," pungkas Anderson.