Liga 1

Persis Solo Tak Habis Pikir 12 Peluang Dimentahkan Kiper Arema FC Julian Schwarzer

Senin, 31 Juli 2023 11:22 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pertandingan antara Persis Solo vs Arema FC di laga Liga 1, Minggu (30/07/23). (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT) Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pertandingan antara Persis Solo vs Arema FC di laga Liga 1, Minggu (30/07/23). (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Persis Solo tak banyak berbenah diri ketika ditahan Arema FC 1-1 dalam lanjutan Liga 1 Indonesia 2023-2024, Minggu (30/7/23).

Mereka meninggalkan Stadion Sriwedari dengan frustrasi lantaran semua peluang mutlak digagalkan kiper asing Arema FC, Julian Schwarzer.

Laskar Sambernyawa unggul segalanya dari sisi permainan. Kombinasi Alexis Messidoro, Moussa Sidibe, Sutanto Tan dan Arapenta Poerba di lini tengah membuat penguasaan bola dipegang pasukan Leonardo Medina.

Total ada 20 tembakan yang dilepaskan pemain Persis ke gawang Arema FC. Belum lagi sundulan keras terarah, salah satunya dari Jaimerson Xavier.

Namun, semua bola yang mengarah ke gawang Arema FC dimentahkan secara heroik oleh putra mantan kiper timnas Australia, Mark Schwarzer. Kubu Persis pun tak banyak melakukan evaluasi karena dari sisi penampilan memang terbilang bagus.

Mereka menguasai 59 persen penguasaan bola, berbanding 41 persen dari Arema FC. Jumlah tembakan ke gawang Arema FC juga hanya empat dari 11 percobaan.

Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina, mengakui Julian Schwarzer membuat tiga poin buyar. Ia sampai geleng-geleng kepala menggambarkan situasi tersebut.

Segala arah tembakan sudah dicoba, namun hanya mendapat satu gol lewat penalti Alexis Messidoro menit ke-72. Gol itu menyamakan kedudukan atas gol Gustavo Almeida yang juga dari titik putih.

"Saya memuji penjaga gawang Arema karena dia bermain bagus. Kami punya banyak peluang, saya pikir ada sekitar 12 kali, tapi tidak cukup untuk membuat kami menang," kata Leo Medina usai pertandingan.

Leo Medina membuat pergantian ekstrem. David Gonzalez dan Moussa Sidibe ditarik keluar pada menit ke-66 saking bingungnya dengan ketangguhan Julian.

Leo Medina memasukkan Irfan Jauhari dan Ramadhan Sananta. Akhirnya, kedua nama ini juga menambah daftar pemain yang geleng-geleng dengan ketangguhan Julian.

"Di pertandingan sebelumnya, mereka bermain kurang bagus. Jadi saya pikir mereka bisa bermain dari bangku cadangan. Di pertandingan ini mereka sudah berusaha dengan keras," ungkap Leo Medina.

Pelatih asal Meksiko ini tak ingin menyerah dalam keadaan. Masih ada 29 laga tersisa di Liga 1 2023-2024. Terdekat, Persis Solo akan bertandang ke markas pemuncak klasemen Liga 1, Dewa United.

"Kami harus bekerja keras karena kami ingin membangun tim yang kuat," tutur Leonardo Medina sembari membakar semangat segenap pemain Persis Solo.

Tambahan tiga poin membuat Persis Solo masih berada di posisi ke-15 di klasemen sementara Liga 1 2023-2024. Sementara Arema FC di peringkat 17 (2 poin).