Liga 1

2 Pemain Bhayangkara FC Dipanggil Seleksi Timnas Indonesia U-17, Emral Abus Buka Suara

Selasa, 1 Agustus 2023 16:10 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Ammara Marthiara/INDOSPORT
Ketum PSSI, Erick Thohir, Saat Menghadiri Seleksi Timnas Indonesia U-17 di Persija Training Ground, Nirwana Park, Bojongsari, Sawangan, Depok, Sabtu (22/07/23). Copyright: © Ammara Marthiara/INDOSPORT
Ketum PSSI, Erick Thohir, Saat Menghadiri Seleksi Timnas Indonesia U-17 di Persija Training Ground, Nirwana Park, Bojongsari, Sawangan, Depok, Sabtu (22/07/23).

INDOSPORT.COM - Pemain Bhayangkara FC, Ruben Asoka Jaya Prayitno dan Dwi Berta Setiawan, mendapat panggilan untuk menjalani seleksi Timnas Indonesia U-17.

Seperti diketahui, pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, sebelumnya sudah memanggil 34 nama untuk menjalani training center sekaligus seleksi pemain namun hasilnya belum memuaskan.

Alhasil, PSSI membuka kesempatan kepada anak-anak Indonesia untuk ikut seleksi di 12 kota agar bisa menjadi bagian dari Timnas Indonesia U-17.

Ke-12 kota tempat diadakan seleksi Timnas U-17 itu antara lain Bandung, Palembang, Gianyar, Tangerang, Banjarmasin, Medan, Solo, Jakarta, Samarinda, Surabaya, Manado, dan Makassar.

Agenda seleksi ini antara lain bertujuan untuk persiapan menjelang Piala Dunia U-17 2023 yang bakal dihelat mulai November mendatang. Indonesia sendiri mendapat mandat sebagai tuan rumah ajang bergengsi tersebut.

Dengan begitu, menjadi suatu kebanggaan tersendiri apabila pemain dari klub sepakbola mendapat panggilan untuk melakoni seleksi timna U-17 tersebut. Tak terkecuali Emral Abus sebagai pelatih klub Liga 1 2023-2024, Bhayangkara FC.

“Kami bangga pemain-pemain kami dipanggil oleh timnas. Awalnya mereka bergabung dengan senior di latihan awal, kemudian mereka difokuskan ke akademi,” ungkap Emral Abus saat sesi jumpa pers selepas laga Bhayangkara FC vs PSM Makassar, Sabtu (29/07/23) malam WIB.

Lebih lanjut, Emral Abus juga tentunya menaruh harapan positif kepada Ruben Asoka dan Dwi Berta untuk masa depan keduanya di timnas Indonesia.

“Kita berterimakasih, dan mudah-mudahan mereka bisa terpilih menjadi skuat inti di timnas U-17,” harap pelatih berusia 64 tahun itu.

Adapun perhelatan Piala Dunia U-17 akan berlangsung pada 10 November sampai 2 Desember 2023. Untuk mengasah kemampuan para pemain timnas U-17, terdekat mereka bakal menjalani dua agenda laga uji coba.

Dua agenda tersebut ialah timnas Indonesia U-17 akan bertanding melawan Barcelona Juvenil A pada 2 Agustus 2023, kemudian dilanjutkan laga uji coba kontra tim asal Jepang yakni Kashima Antlers pada 5 Agustus 2023. Kedua pertandingan tersebut dijadwalkan berlangsung di Stadon Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

Untuk menghadapi dua laga uji coba ini setidaknya Bima Sakti memboyong 30 pemain untuk bertolak ke Bali. Bima pun menanggapi dua laga uji sangat baik sebagai persiapan Timnas Indonesia U-17 yang bakal tampil di Piala Dunia U-17 2023.

“Tentu turnamen ini sangat baik dan positif untuk kami setelah menjalani seleksi pemusatan latihan di Jakarta,” ucap Bima Sakti. 

Bima pun berharap dengan menghadapi dua tim kuat, mental para pemain Timnas Indonesia U-17 semakain terasah sebelum nantinya tampil di ajang sesungguhnya di Piala Dunia U-17 2023.

"Kami berharap permainan dan mental para pemain semakin meningkat karena akan menghadapi lawan-lawan dari FC Barcelona Juvenil A dan Kashima Antlers FC yang secara kualitas permainan mereka sangat baik," harap Bima Sakti.