Liga 1

Gali Freitas Tak Menampik Punya Anak di Usia 18 Tahun, Sebut Rezeki dari Tuhan

Selasa, 1 Agustus 2023 20:40 WIB
Penulis: Martini | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Instagram@psisfcofficial
Pemain PSIS Semarang, Gali Freitas di laga Liga 1. (Foto: Instagram@psisfcofficial) Copyright: © Instagram@psisfcofficial
Pemain PSIS Semarang, Gali Freitas di laga Liga 1. (Foto: Instagram@psisfcofficial)

INDOSPORT.COM - Pemain asing PSIS Semarang asal Timor Leste, Gali Freitas tak menampik jika ia sudah memiliki anak di usianya yang baru menginjak 18 tahun.

Paulo Domingos Gali da Costa Freitas merupakan pemain sepak bola asal Timor Leste yang bermain untuk klub Liga 1 PSIS Semarang. Saat ini ia baru berusia 18 tahun.

Menyebut nama Gali Freitas, banyak yang terkenang akan kasus pencurian umur yang menimpa dirinya, karena ia selalu muncul di timnas Timor Leste berbagai generasi.

Jika melihat paspor Gali Freitas, ia tercatat lahir pada 31 Desember 2004. Tetapi ada sumber lain yang mengatakan bahwa sang pemain adalah kelahiran 31 Desember 1996.

Gali Freitas debut di timnas senior Timor Leste di Piala AFF 2018, artinya saat itu ia baru berusia 14 tahun.

Gali Freitas juga beberapa kali turun gunung membela timnas Timor Leste kelompok usia U-16, baik saat menghadapi Bagus Kahfi dkk, atau generasi Marselino Ferdinan.

Kini, memasuki usia 18 tahun, Gali Freitas mulai melebarkan sayapnya ke Indonesia, dan menjadi salah satu pemain asing yang paling diperhitungkan di Liga 1 2023/2024.

Hanya saja, ada pengorbanan yang harus dilakukan ketika Gali Freitas putuskan ke Indonesia. Ia harus meninggalkan sang kekasih yang tengah hamil tua.

Alhasil, wanita pemilik akun Instagram @sprayapiinto itu melahirkan tanpa didampingi oleh Gali Freitas.

Ketika sang anak lahir, Gali Freitas juga sempat mengunggah potretnya di media sosial, tetapi belakangan penyerang PSIS Semarang itu menghapusnya dari beranda.

Saat awak redaksi berita olahraga INDOSPORT coba mengonfirmasi hal itu pada Gali Freitas (melalui rekan Chandra Margatama), Gali tak menampik bahwa saat ini ia sudah memiliki anak.

"Pertama, saya berterima kasih kepada Tuhan karena membuat rezeki yang luar biasa untuk saya dan hidup saya," sebut Gali Freitas.

"Saya merasa bersyukur dan senang sekali sudah ada anak," kata pemain berusia 18 tahun tersebut.

Hanya saja, saat ini ia masih belum bisa menjenguk anaknya yang baru saja lahir, karena harus profesional membela PSIS Semarang di kompetisi Liga 1 2023/2024.

"Rindu kadang, cemas juga karena jauh, tetapi tetap harus profesional," ungkap pemain asal Timor Leste tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Gali Freitas juga menegaskan bahwa usianya saat ini masih 18 tahun. Rumor yang mengatakan jika ia mencuri umur adalah tidak benar.

"Paspor saya cuma satu, bukan dua. Pendataannya yang salah, bukan saya yang bohong tentang usia saya, tetapi pendataannya yang masuk itu salah," tegas Gali Freitas.

Bahkan, Gali Freitas sudah menjalani tes di bawah pengawasan federasi sepak bola AFC dan AFF, namun tidak ada bukti pencurian umur.

"Dulu saya main di Thailand tahun 2018 tuh mereka (AFC) percaya, mereka bilang saya pencuri umur, makanya saya kasih tahu ke AFC sama AFF, mereka bilang saya harus tes."

"Semua badan saya tes, saya tes dua kali, tapi nggak ada bukti saya mencuri umur," kata Gali Freitas saat berbincang dengan Youtuber Chandra Margatama.