Liga Indonesia

Persiapan Liga 2, Perserang Serang Masih Incar Pemain Lokal dan Asing

Selasa, 1 Agustus 2023 02:00 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Pelatih Perserang Serang, Lukas Tumbuan, mengaku timnya masih mencari pemain untuk persiapan mengarungi Liga 2 2023-2024 yang akan bergulir September 2023. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Pelatih Perserang Serang, Lukas Tumbuan, mengaku timnya masih mencari pemain untuk persiapan mengarungi Liga 2 2023-2024 yang akan bergulir September 2023.

INDOSPORT.COM - Pelatih Perserang Serang, Lukas Tumbuan, mengaku timnya masih mencari pemain untuk persiapan mengarungi Liga 2 2023-2024 yang akan bergulir September 2023.

Menurut Lukas, untuk pemain lokal pihaknya membutuhkan tambahan di posisi bek dan striker. Hanya saja, tidak mudah baginya untuk mendapatkan pemain yang sesuai dengan kebutuhan tim.

Lukas tak menampik ada stok striker lokal di Indonesia, hanya saja dia menilai pemain tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan untuk mengarungi kompetisi Liga 2 musim 2023-2024.

"Kita lagi kesulitan mencari striker dan stopper yang handal, ada sih striker tapi kalau kebutuhan tim kan berbeda," kata Lukas Tumbuan kepada INDOSPORT.

Selain itu, Lukas menuturkan Perserang juga akan memaksimalkan regulasi pemain asing yang diterapkan untuk mengarungi kompetisi Liga 2 musim 2023-2024.

Sebagai informasi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator mengatakan setiap tim boleh menggunakan dua pemain asing dengan komposisi satu dari negara bebas dan satu Asia.

Lukas menambahkan, akan berusaha untuk mencari pemain asing berkualitas, namun dia mengakui tidak mudah untuk mendapatkan pilar asing yang sesuai dengan kebutuhan tim.

Apalagi menurut Lukas, budget untuk mendapatkan pemain asing tersebut cukup terbatas. Meski demikian, pihaknya berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan pemain yang berkualitas dan bisa bersaing di kompetisi Liga 2 2023-2024.

"Kemungkinan besar kita akan menggunakan (pemain asing), tapi itu tadi kita cari yang terbaik dari yang baik yang ada," ucap Lukas menuturkan.

"Karena sebenarnya jujur tidak mudah mencari pemain asing dengan bujet yang kecil ini kan tidak gampang, dan pemain asing yang datang saya pikir biasa saja jadi harus selektif banget," ujarnya.

Sementara itu, sebelum mengarungi kompetisi Liga 2 musim 2023-2024 ada waktu sekitar satu bulan lagi bagi Perserang Serang untuk mematangkan persiapan.

Lukas sendiri sudah mempersiapkan program bagi anak asuhnya, agar pada saat kompetisi Liga 2 musim 2023-2023 bergulir pasukannya bisa tampil maksimal.

Beberapa persiapan yang disiapkan olehnya yakni uji coba, menurutnya sebelum kick off Liga 2 musim 2023-2024 Perserang membutuhkan sebanyak delapan pertandingan.

Salah satu uji coba yang sudah dilakoni Perserang yakni menghadapi Persiba Balikpapan, laga tersebut digelar pada Sabtu (29/07/23) di Jakarta. Pasalnya, Tim Beruang Madu (julukan Persiba) sedang menggelar pemusatan latihan atau Training Center (TC) di Jakarta.

Lebih lanjut Lukas menuturkan, uji coba dibutuhkan selama masa persiapan menjelang mengarungi kompetisi Liga 2 2023-2024, untuk melihat perkembangan dan kesiapan pasukannya.

Meski demikian, Lukas menuturkan tidak mudah baginya untuk mendapatkan calon lawan uji coba pada masa persiapan untuk menghadapi kompetisi Liga 2 2023-2024.

"Saya maksimal kalau bisa 8 kali, cuma sekarang problemnya gak gampang cari lawan, apalagi kita di Serang kita ke Jakarta cuma beberapa tim (yang siap)," ucapnya.

"Yang banyak kan zona lain kaya di Yogya. Saat ini, kita sudah TC berjalan di Serang, kita away ke Jakarta (uji coba) mereka Persiba persiapan di Jakarta," jelasnya.

Perserang Serang jelas ingin punya kampanye lebih baik di Liga 2 yang belum bergulir lagi sejak musim 2021.

Di musim tersebut mereka hanya bisa bersaing di putaran pertama Grup B dimana para pesaingnya adalah Dewa United, RANS Cilegon FC, Persekat Kabupaten Tegal, PSKC Cimahi, dan Badak Lampung dengan finis di peringkat keempat yang aman dari jerat relegasi namun tidak memberikan tiket ke putaran kedua.