Liga 1

Alasan Gresik United Pakai Jasa Eks Pelatih Timnas Putri Rudy Eka Priyambada

Kamis, 3 Agustus 2023 12:13 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Indra Citra Sena
© MO Gresik United
Rudy Eka Priyambada resmi menjadi pelatih Gresik United di kompetisi Liga 2. (Foto: MO Gresik United) Copyright: © MO Gresik United
Rudy Eka Priyambada resmi menjadi pelatih Gresik United di kompetisi Liga 2. (Foto: MO Gresik United)

INDOSPORT.COM - Gresik United baru-baru ini resmi mengontrak Rudy Eka Priyambada. Mantan pelatih timnas Indonesia putri ini akan menangani klub barunya di Liga 2 2023/24.

Pengumuman Rudy Eka Priyambada ini diunggah melalui akun media sosial Gresik United, Selasa (1/7/23). Manajer Harris Bahasuan mengungkapkan pengalaman menjadi alasan pihaknya memilih Rudy Eka.

Menurutnya, pengalaman yang dimiliki pelatih berusia 40 tahun ini dapat membawa perubahan kepada Gresik United, hingga promosi ke Liga 1 musim depan. Dia sangat cocok memimpin tim yang dihuni mayoritas pemain muda.

“Keputusan ini bisa menjadi kolaborasi yang hebat sesuai dengan tagline manajemen to the top,” ungkap Harris ketika merilis Rudy Eka Priyambada ke publik.

Rudy Eka Priyambada memiliki segudang pengalaman di sepak bola. Sebelum menukangi Timnas Indonesia putri, dia sempat menimba ilmu di luar negeri.

Dia merupakan mantan pelatih klub semi profesional di negara bagian Victoria Australia Monbulk Rangers. Kemudian dia juga pernah menjadi taktikal analisis timnas Indonesia U-19 bersama Indra Sjafri.

Karier Rudy Eka Priyambada berlanjut menukangi klub-klub di Liga 1, di antaranya asisten pelatih Mitra Kukar. Lalu asisten pelatih Al-Najma (Liga 2 Bahrain), pelatih Tira-Persikabo dan pelatih fisik Persebaya Surabaya.

Selama menukangi Gresik United, Rudy Eka Priyambada bakal ditemani tiga asisten pelatih muda, yaitu Agus Indra Kurniawan, Andik Ardiansyah, dan Sulkhan Arief, plus asisten pelatih kiper M Hadi dan pelatih fisik Akmal.

Rudy Eka lantas membeberkan alasannya mau menerima pinangan Gresik United karena target yang diberikan cukup menantang. Apa lagi kalau bukan promosi ke Liga 1.

“Tujuan kami kan pasti kepingin naik ke Liga 1 musim depan. Inilah tantangan yang harus saya terima,” cetus Rudy Eka Priyambada.

Gresik United sendiri terus menggeber persiapan menyambut Liga 2 2023-2024 yang segera berlangsung. Sejumlah pemain telah direkrut untuk mengarungi kompetisi kasta kedua sepak bola Tanah Air tersebut.