Timnas Indonesia

Erick Thohir Tegaskan Tak Ada Pemain Titipan di Seleksi Timnas U-17

Kamis, 3 Agustus 2023 06:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Ammara Marthiara/INDOSPORT
Ketum PSSI, Erick Thohir, Saat Menghadiri Seleksi Timnas Indonesia U-17 di Persija Training Ground, Nirwana Park, Bojongsari, Sawangan, Depok, Sabtu (22/07/23). Copyright: © Ammara Marthiara/INDOSPORT
Ketum PSSI, Erick Thohir, Saat Menghadiri Seleksi Timnas Indonesia U-17 di Persija Training Ground, Nirwana Park, Bojongsari, Sawangan, Depok, Sabtu (22/07/23).

INDOSPORT.COM - PSSI telah menyelesaikan rangkaian seleksi pemain Timnas Indonesia U-17 di 12 kota di Indonesia. Kota terakhir adalah Makassar pada Minggu (30/07/23) lalu.

Rangkaian seleksi itu diikuti ribuan peserta dan saat ini sudah terjaring 42 pemain yang nanti jalani seleksi nasional.

Mereka dipilih berdasarkan hasil pengamatan pelatih Timnas U-17, Bima Sakti dibantu sejumlah pelatih dan mantan pemain Timnas seperti Indra Sjafri, Firman Utina, Eka Ramdani, Budi Sudarsono, Rully Nere dan lainnya.

Ketua umum PSSI, Erick Thohir menegaskan, pemain yang lolos seleksi di tiap daerah adalah murni karena kemampuan. Dia menjamin tidak ada namanya pemain titipan seperti yang dikhawatirkan publik.

"Laporan dari Pak Zainudin Amali (Waketum PSSI), dari seleksi 12 kota, kita tekankan tak ada pemain titipan," tegasnya.

"Ada 42 pemain yang dilihat dari seleksi yang ada dan saya lihat juga ini coach Indra, Bima, dan para pemain senior kerja keras ya," imbuh Erick Thohir.

"Di sini ada nama-nama yang tak perlu kita pertanyakan lagi, ada Eka Ramdani, Budi Sudarsono, Firman Utina yang bantu seleksi dari 1000 lebih peserta," tambah Menteri BUMN itu.

Nantinya, 42 nama tersebut akan jalani seleksi nasional di Jakarta pada 14-15 Agustus. Tim pelatih Timnas U-17 akan melihat lagi, kira-kira siapa dan posisi mana yang dibutuhkan.

"Dari 42 ini nanti tanggal 15-17 akan gabung untuk diseleksi lagi sebelum kita punya tim utama yang berangkat ke Jerman untuk TC. Untuk jumlah, itu coach yang memutuskan," jelas Erick Thohir.

Jika sudah ada hasil dari seleksi nasional pada 14-15 Agustus, para pemain terpilih akan bergabung dengan 34 pemain Timnas U-17 yang ada saat ini. 

Sebelumnya, pelatih Timnas U-17 Bima Sakti telah menerapkan sistem promosi dan degradasi pemain.

Pada TC periode pertama, dia memulangkan sembilan pemain dan memanggil 10 nama baru ke seleksi pemusatan latihan.

Sebagian besar yang dipanggil ke Timnas U-17 adalah jebolan Timnas U-16 yang juara Piala AFF 2022. Lalu ada tambahan enam pemain keturunan.

Pemusatan latihan dan seleksi dilakukan sebagai persiapan menuju Piala Dunia U-17 2023. Indonesia akan jadi tuan rumah pada kejuaraan yang berlangsung 10 November - 2 Desember mendatang.

Setelah TC di Jakarta, Timnas U-17 direncanakan menjalani latihan di Eropa pada September - Oktober. Harapannya agar pemain tampil maksimal di Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.