Liga 1

Strategi Khusus Persis Solo Racikan Leo Medina untuk Kalahkan Dewa United

Kamis, 3 Agustus 2023 18:05 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT) Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina, memuji kiper Dewa United FC, Sonny Stevens. Mereka sudah menyiapkan cara untuk menyerang total dalam laga pekan ke-6 Liga 1 Indonesia 2023-2024, Jumat (4/8/23).

Duel di Indomilk Arena, Tangerang, menjanjikan tantangan menarik bagi Persis Solo. Setelah sebelumnya dibuat pusing kiper Arema FC, Julian Schwarzer, kini ada Sonny Stevens yang jadi senjata baru Dewa United.

Sonny Stevens merupakan kiper berpengalaman dari Belanda. Ia masih berlaga di Eredivisie atau kasta tertinggi Liga Belanda pada musim 2021-2022 bersama FC Cambuur.

Bersama Dewa United, Sonny sudah tampil empat kali. Total dia berjibaku melakukan 21 penyelamatan, bahkan terlibat dalam build up serangan (90 umpan sukses dari 120 percobaan).

Pelatih Leonardo Medina sudah mengetahui kekuatan dari setiap lini Dewa United, termasuk pos penjaga gawang. Dia memuji Sonny, Stevens, persis seperti sanjungan yang diberikan kepada Julian Schwarzer.

"Kiper dari Arema FC kemarin bermain bagus, sekarang kiper dari Dewa United juga kiper yang bagus sekali, tapi kita sudah bekerja banyak dalam sektor penyerangan," kata Leonardo Medina, Kamis (3/8/23).

Kegagalan Persis Solo memanfaatkan banyak peluang saat melawan Arema FC membuat Leo Medina sudah memberi tambahan strategi khusus pada Fernando Rodriguez dkk.

Leo Medina menyiapkan sektor menyerang, tanpa banyak memikirkan tentang sosok-sosok yang ada di garis pertahanan Dewa United, termasuk Sonny Stevens.

"Kami bekerja tentang bagaimana datang ke kotak pertahanan mereka dan bagaimana cara mencetak gol. Kita tidak melihat siapa yang ada di depan kita nanti," jelas Leo Medina.

"Namun, memang ini tidak mudah. Selalu susah ketika melawan tim dengan kiper yang bagus, tapi kita harus menang. Jadi, tidak masalah siapa yang nanti menjaga gawang lawan," lanjutnya.

Leo Medina memastikan masa persiapan berjalan bagus, meski Persis Solo tak memiliki banyak waktu. Rombongan tim baru tiba di Tangerang pada Kamis siang.

"Saya pikir seluruh pemain dalam kondisi bagus. Kita memiliki masa persiapan yang juga bagus," ungkap Leonardo Medina.

Ditambahkan bek Persis Solo, Eky Taufik, para pemain datang ke Tangerang dalam upaya merealisasikan target meraih poin penuh.

"Pertandingan ini tidak mudah, tapi kami akan berjuang untuk memberikan yang terbaik agar bisa mendapatkan poin," jelas Eky Taufik.

Eky Taufik mengatakan Persis Solo tak akan fokus pada nama-nama tertentu, termasuk Alex Martins. Bomber asal Brasil itu sudah mencetak lima gol dari lima pertandingan.

"Kami tidak mengantisipasi satu atau dua pemain. Kita antisipasi semuanya. Para pemain belakang mereka juga memiliki kemampuan dalam menyerang," ungkap Eky Taufik.

"Kita akan mewaspadai di setiap lini. Kita diinstruksikan pelatih untuk bekerja keras, fokus dan disiplin," lanjut mantan pemain Persela Lamongan ini.

Persis Solo membutuhkan tiga poin untuk mendongkrak posisi di klasemen Liga 1 2023-2024. Hingga pekan kelima ini, Persis Solo masih ada di peringkat ke-14 dengan 5 poin dan minus satu gol.

Pada pertemuan Liga 1 2022-2023, Dewa United menang sekali di Magelang dengan skor 3-2. lalu, pada pertemuan kedua di Indomilk Arena, Dewa United dan Persis Solo berbagi angka 1-1.