Liga 1

Eks Club Brugge, Dylan De Bruycker Sebut Liga Indonesia Lebih Berkualitas Dibanding Negaranya

Jumat, 4 Agustus 2023 16:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Budi Wahyudin
Winger Bhayangkara FC, Dylan de Bruycker saat lawan Persita Tangerang pada laga Liga 1 di Stadion Indomilk Arena (Tangerang), Kamis (03/08/23). (Foto: Budi Wahyudin) Copyright: © Budi Wahyudin
Winger Bhayangkara FC, Dylan de Bruycker saat lawan Persita Tangerang pada laga Liga 1 di Stadion Indomilk Arena (Tangerang), Kamis (03/08/23). (Foto: Budi Wahyudin)

INDDOSPORT.COM - Gelandang Bhayangkara FC, Dylan De Bruycker menilai kualitas Liga 1 Indonesia lebih tinggi dibanding negaranya, Filipina. Hal itu sangat membantu perkembangan para pemain muda dari Filipina. 

Seperti diketahui, ada 13 pemain Filipina yang mengadu nasib di Liga 1 2023/2024. Itu setelah ditetapkan regulasi kuota pemain Asean. 

Sebagian besar pemain tersebut masih berusia muda atau di bawah 25 tahun. 

Menurut Dylan Bruycker, kualitas Liga 1 jauh di atas Liga Filipina karena persaingan tiap tim sangat ketat. Semua klub bisa saling mengalahkan dan itu yang membuat pertandingan menjadi menarik. 

Seperti diketahui, liga kasta teratas Filipina hanya diikuti oleh tujuh klub. Itu tak mengherankan karena sepak bola memang bukan olahraga nomor satu di Filipina, melainkan basket. 

"Ya level di sini lebih baik, terlebih persaingan setiap tim sangat ketat dibandingkan di Filipina. Semua tim di sini berjuang keras untuk bisa menang jadi atmosfer di sini juga menyenangkan," kata Dylan saat berbincang dengan INDOSPORT.com

Dengan banyaknya pemain Filipina yang bermain di Indonesia, Dylan menilai hal itu turut membantu meningkatkan kualitas Timnas negaranya. Itu karena para pemain mendapat menit bermain di kompetisi yang kompetitif. 

"Ya tahun ini banyak pemain Filipina di Liga Indonesia dan rata-rata pemain muda, jadi itu bagus buat perkembangan mereka dan juga Timnas. Karena kita tau sepak bola Indonesia levelnya lebih baik dibanding Filipina jadi ini kesempatan yang bagus," jelasnya. 

Lebih lanjut, gelandang 25 tahun itu menjelaskan adaptasinya bersama Bhayangkara FC berjalan lancar. Tidak ada hambatan berarti, meski ini merupakan musim debut di Liga 1. 

Dylan juga nyaman tinggal di Indonesia. Pasalnya, kehidupan di Jakarta tak jauh berbeda dengan Filipina. 

"Adaptasi saya dengan tim berjalan baik, dengan pemain lokal dan asing. Memang saya dan Crislan terakhir bergabung, tapi semua oke sekarang dan saya senang di sini," jelasnya. 

Dylan pun berhasil membantu Bhayangkara FC meraih kemenangan perdana musim ini, setelah kalahkan Persita Tangerang di pekan keenam Liga 1 2023 dengan skor 1-0 pada Kamis (03/08/23) di Indomilk Arena. 

"Ini kemenangan pertama kami setelah hasil kurang baik dan ini juga pertama kali kami tampil full tim. Jadi ya senang dengan hasil ini dan semoga berlanjut ke pertandingan selanjutnya," tuntasnya. 

Dylan De Bruycker merupakan pemain kelahiran Belgia karena salah satu orang tuanya dari negara itu. Dia mengawali karier sepak bola bersama raksasa Belgia, Club Brugge U-17 dan U-19.

Setelahnya dia pindah ke Zulte Waregem U-21 pada 2017. Kemudian pada 2017 dia ke kampung halamannya bersama Davao Aguilas, lalu ke Cerez Negros, Kaya FC dan musim lalu bermain di Liga Thailand, di Swat FC.