Liga Inggris

Man United Cuan Rp17,3 Triliun dari Sponsor, Glazer Tambah Semena-mena ke Sheikh Jassim

Jumat, 4 Agustus 2023 16:01 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Indra Citra Sena
© Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images
Bendera Manchester United di Old Trafford Copyright: © Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images
Bendera Manchester United di Old Trafford

INDOSPORT.COM - Keberhasilan klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, memperpanjang kontrak dengan Adidas disebut akan makin menciutkan nyali Sheikh Jassim mengakuisisi Setan Merah.

Telah hampir sembilan berlalu sejak keluarga Glazer memutuskan menjual saham klub raksasa Inggris, Manchester United. Namun, hingga kini Setan Merah belum mengumumkan siapa yang menjadi pembelinya.

Sejauh ini, dua nama muncul sebagai kandidat terkuat. Mereka adalah bankir asal Qatar, Sheikh Jassim dan pemilik Ineos, Sir Jim Ratcliffe.

Banyak yang menyebut jika molornya proses akuisisi disebabkan keluarga Glazer, yang ogah melepas kepemilikan saham Man United dengan harga di bawah 6 miliar pound.

Namun, tak lama lagi nilai tersebut diperkirakan akan membengkak. Pasalnya, Man United baru saja meneken perpanjangan kontrak bernilai selangit dengan salah satu sponsor mereka, Adidas.

Dilaporkan Express, nilai kesepakatan anyar Man United dengan Adidas adalah 900 juta pound (sekitar Rp17,3 triliun). Angka ini tercatat sebagai nilai kerja sama termahal sepanjang sejarah Premier League.

Berkat kontrak anyar ini, Setan Merah dan Adidas akan melanjutkan kerja sama hingga setidaknya 2035 mendatang. Nilai klub Man United pun diperkirakan akan makin melejit.

Kesepakatan ini disebut membuat keluarga Glazer menghentikan semua proses akuisisi untuk mempertimbangkan kembali keputusan mereka.

Selain Sheikh Jassim dan Sir Jim Ratcliffe, Man United rupanya juga membuka pintu bagi investor-investor "kecil" untuk berpartisipasi.

Dengan waktu kurang dari sebulan sebelum liga dimulai, banyak yang meyakini keluarga Glazer masih akan menjadi pemilik sah Manchester United di musim yang baru.