Bola Internasional

Starting XI Bintang yang Pensiun di 2023: Buffon Terbaru, Ada Ibra hingga Ozil

Jumat, 4 Agustus 2023 05:00 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Filippo Alfero - Juventus FC/Juventus FC via Getty Images
Melihat daftar pemain yang telah memutuskan pensiun atau gantung sepatu dari kancah sepak bola di tahun 2023 ini, dari Gianluigi Buffon hingga Zlatan Ibrahimovic. Copyright: © Filippo Alfero - Juventus FC/Juventus FC via Getty Images
Melihat daftar pemain yang telah memutuskan pensiun atau gantung sepatu dari kancah sepak bola di tahun 2023 ini, dari Gianluigi Buffon hingga Zlatan Ibrahimovic.

INDOSPORT.COM – Melihat daftar pemain yang telah memutuskan pensiun atau gantung sepatu dari kancah sepak bola di tahun 2023 ini, dari Gianluigi Buffon hingga Zlatan Ibrahimovic.

Tahun 2023 memang baru berjalan 8 bulan kurang. Tapi dunia sepak bola sudah harus melihat banyak jagoannya gantung sepatu di tahun ini.

Sepanjang 8 bulan terakhir ini, banyak pemain yang telah memutuskan pensiun dari lapangan hijau, utamanya karena usia yang sudah menua.

Namun ada pula yang harus pensiun karena cedera, meski usianya sendiri masih terbilang muda dan masih bisa bertarung di level teratas.

Berikut INDOSPORT sajikan Starting XI bintang yang telah memutuskan pensiun dari lapangan hijau.

Kiper: Gianluigi Buffon

Gianluigi Buffon menjadi pemain yang baru saja mengumumkan pensiun dari lapangan hijau, tepat di usianya yang saat ini menginjak 45 tahun.

Eks juara Piala Dunia 2006 ini memutuskan pensiun setelah menghabiskan dua musim bersama tim masa mudanya, yakni Parma FC.

Bek Kanan: Sime Vrsaljko

Berbeda dengan Buffon yang pensiun karena usia, Sime Vrsaljko harus memutuskan pensiun akibat cedera yang terus menghantamnya.

Bek andalan Kroasia ini memutuskan gantung sepatu pada usianya yang baru 31 tahun, tepatnya pada 23 Maret 2023 lalu usai tak memiliki klub.

Bek Tengah: Miranda

Miranda merupakan salah satu bek tangguh yang datang dari Brasil. Ia tercatat pernah membela klub-klub besar seperti Atletico Madrid dan Inter Milan.

Pada usianya yang menginjak 38 tahun, Miranda pun memutuskan gantung sepatu pada Januari 2023 lalu, sekaligus mengakhiri karier fenomenalnya di level klub dan tim nasional.

Bek Tengah: Diego Godin

Nama Diego Godin abadi sebagai salah satu bek tangguh yang pernah membela Atletico Madrid dan juga membela Timnas Uruguay.

Sama seperti Buffon, Godin baru saja memutuskan gantung sepatu usai tampil sebanyak 799 pertandingan di berbagai ajang pada usianya yang ke-37 tahun.

Bek Kiri: Jonas Hector

Mungkin nama Jonas Hector tak cukup familiar di telinga pecinta sepak bola. Tapi kariernya tak bisa dipandang remeh karena pernah membela Timnas Jerman.

Pemain yang hampir menghabiskan seluruh kariernya di FC Koln ini memutuskan pensiun pada April 2023 lalu saat menginjak usia 32 tahun. Alasan dirinya pensiun akibat tekanan yang besar dalam kariernya.