Liga Indonesia

Marko Simic Gabung Persija, Nusantara United Ungkap Kriteria Pemain Asing Baru

Sabtu, 5 Agustus 2023 21:50 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Nusantara United tetap menginginkan penyerang murni menatap Liga 2 2023-2024, setelah Marko Simic memutuskan gabung Persija Jakarta. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Nusantara United tetap menginginkan penyerang murni menatap Liga 2 2023-2024, setelah Marko Simic memutuskan gabung Persija Jakarta.

INDOSPORT.COM - Nusantara United tetap menginginkan penyerang murni menatap Liga 2 2023-2024, setelah Marko Simic memutuskan gabung Persija Jakarta. Bomber Kroasia itu awalnya digosipkan kembali ke Indonesia untuk menyusul Braif Fatari dkk.

Nusantara United menjadi tim sultan anyar di Liga 2. Tim milik Gamma Thohir ini mendatangkan banyak pemain potensial yang sebelumnya berkarir di tim Liga 1.

Tiga pemain potensial yang sebelumnya mendapat tempat di Liga 1 sudah diikat Nusantara United. Mereka adalah Risna Prahala Benta (eks Dewa United), Braif Fatari (eks Persija Jakarta) dan Rafi Syarahil yang dipinjam dari Barito Putera.

Kini, pemain asing menjadi salah satu buruan baru Nusantara United. Satu pemain asing kuota Asia sudah didapat. Pemain yang disebut-sebut bernama Yusaku segera diperkenalkan Nusantara United.

Yusaku berposisi sebagai bek tengah. Ia sudah dimainkan dalam uji coba melawan sesama tim Liga 2, Persela Lamongan dan Malut United. Bahkan, saat melawan Malut United, Yusaku sukses mencetak gol. 

Satu pemain asing lagi akan segera didatangkan Nusantara United. Pelatih Nusantara United, Rasiman, mengatakan pemain asing anyar ini berposisi sebagai penyerang murni atau sama seperti Simic yang awalnya digosipkan merapat.

"Saya mau tim yang mendominasi pertandingan, baik itu dalam pertandingan home atau away, dengan high pressing dan high intencity football, tapi kendala masih ada di pemain nomor 9 (penyerang murni), kata Rasiman, Sabtu (5/8/23). 

Kebutuhan striker asing itu sangat terlihat dalam pertandingan melawan Malut United di Stadion Kebogiro, Boyolali. Ada banyak peluang yang didapat Nusantara United setelah mendominasi laga, terutama pada babak kedua.

Namun, hanya dua gol tercipta yang membuat laga berakhir 2-2. Selain gol Yusaku, gol lain dicetak eks Persik Kediri, Bagas Satrio. Sementara satu penalti yang dieksekusi Risna masih bisa ditangkap kiper Malut United, Aldhila Ray Redondo.

"Kita memang masih problem di box. Dominasi game sudah kita dapat, tapi memang kita tidak punya top finishier. Kalau saya punya top striker, kita bisa finish the game early," jelas Rasiman.

"Makanya kita cari striker dengan tipikal nomor sembilan yang bertahan di box. Semoga pekan depan sudah datang," lanjut mantan caretaker Persis Solo ini.

Untuk satu pemain asing berposisi bek tengah, Rasiman sudah cukup puas. Pemain yang segera dirilis secara resmi oleh Nusantara United itu memiliki kemampuan dalam mengendalikan bola.

Jika di Liga 1, Rasiman menyebut cara kerja pemain asing barunya mirip dengan Rohit Chand di Persik Kediri. Rohit merupakan gelandang bertahan yang bisa bermain bagus sebagai bek tengah.

"Dia pemain yang bagus sesuai kebutuhan tim. Aslinya berposisi sebagai gelandang bertahan. Saya butuh dia karena tim akan bermain dengan bola di belakang, " ungkap Rasiman.

Jika pemain asing berposisi menyerang sudah bergabung, ia bisa langsung dicoba dalam uji coba bulan ini. Ada PSIM Yogyakarta, Persikab Bandung dan Gresik United yang berpotensi jadi lawan uji coba bagi Nusantara United.

"Setiap hari Sabtu kita agendakan uji coba. Nantinya setelah dua uji coba kandang, kita akan agendakan satu uji coba tandang," ungkap Rasiman.

Saat ini, ada beberapa nama yang masih belum dirilis Nusantara United di media sosial klub. Salah satu nama senior yang berpotensi merapat adalah eks bek Bali United dan Persija Jakarta, Michael Orah.

Dengan keputusan bermarkas di Stadion Kebogiro Boyolali, kemungkinan besar Nusantara United akan berada di grup Jawa. PT Liga Indonesia Baru (LIB) baru akan melakukan pengundian saat managers meeting Liga 2 2023-2024.