In-depth

Dilema Manchester United untuk Masa Depan Mason Greenwood, Pertahankan atau Lepas?

Kamis, 10 Agustus 2023 06:38 WIB
Editor: Juni Adi
© Michael Regan/Getty Images
Andros Townsend dan Mason Greenwood saling menunjukan kekuatanya dalam pertandingan Copyright: © Michael Regan/Getty Images
Andros Townsend dan Mason Greenwood saling menunjukan kekuatanya dalam pertandingan

INDOSPORT.COM - Mason Greenwood sudah kembali berlatih sepak bola untuk melanjutkan kariernya yang sempat hancur dalam satu tahun terakhir di klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United.

Baru-baru media sosial tengah dihebohkan dengan kabar kembali berlatihnya talenta muda Manchester United, Mason Greenwood. Sang pemain sendiri statusnya masih dibekukan oleh klub.

Artinya Greenwood saat ini tidak menjadi bagian dari keluarga besar pemain Manchester United, menyusul kasus kekerasan seksual yang ia lakukan terhadap kekasihnya.

Pemuda berusia 21 tahun tersebut tersangkut kasus kekerasan seksual pada Januari 2022 lalu. Greenwood didakwa atas tiga hal, yakni percobaan pemerkosaan, tindakan mengontrol dan memaksa serta penyerangan fisik.

Ia pun kemudian ditahan oleh pihak berwajib tapi beberapa hari kemudian dibebaskan dengan jaminan. Hasil persidangan sendiri menyatakan Greenwood dibebaskan dari dakwaan.

Crown Prosecution Service (CPS) telah menyatakan bahwa proses pidana dihentikan. Meski begitu, mereka juga mendorong jika ada pihak lain yang merasa menjadi korban dalam kasus serupa untuk melapor.

"Kami memiliki kewajiban untuk kasus ini tetap dalam peninjauan. Dalam kasus ini, kombinasi dari mundurnya saksi-saksi kunci dan materi baru yang muncul berarti tak ada lagi prospek hukuman yang realistis," pernyataan CPS seperti dikutip Sky Sports.

"Dalam situasi ini, kami berkewajiban untuk menghentikan kasusnya. Kami sudah menjelaskan keputusan kami ke semua pihak."

Akibat kasus itu, Greenwood pun tak bisa kembali ke dunia sepak bola memperkuat Manchester United. Ia absen sampai lebih dari satu tahun.

Meski status hukumnya sudah jelas, Manchester United belum bersikap terhadap masa depan Greenwood. Tapi mantan pemain internasional Inggris itu mulai tetap kembali berlatih, tetapi sentuhannya terlihat hilang.

Sejumlah video pemain berusia 21 tahun tersebut sedang latihan dengan pelatih pribadi menjadi viral di jejaring sosial, salah satunya dibagikan akun @mufcMPB.

Terlihat, Greennwood melakukan beberapa kali tembakan ke gawang tetapi dirinya gagal mengecoh kiper. Bahkan ada satu tendangannya membuat bola melambung di atas mistar gawang.

Greenwood juga berlatih drible bola menuju gawang dan coba merangsek ke kotak penalti, tapi dengan mudah diamankan kiper. 

Beberapa tendangannya juga terlihat masih kurang akurat. Selain itu pergerakan Mason Greenwood terkesan kurang cepat seperti jadi andalannya selama ini.