Liga 1

3 Penggawa Persib Disanksi Larangan Bermain dan Denda Rp75 Juta

Sabtu, 12 Agustus 2023 14:40 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Subhan Wirawan
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain Persib Bandung, Marc Klok dan Ciro Alves saat menghadapi Madura United pada pekan pertama Liga 1 2023-2024 di Stadion GBLA, Kota Bandung, Minggu (2/7/23). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain Persib Bandung, Marc Klok dan Ciro Alves saat menghadapi Madura United pada pekan pertama Liga 1 2023-2024 di Stadion GBLA, Kota Bandung, Minggu (2/7/23).

INDOSPORT.COM - Tiga pemain Persib Bandung yakni I Putu Gede, Marc Klok dan Ciro Alves mendapatkan sanksi larangan bertanding dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI pasca jalani pekan ketujuh Liga 1 2023/24.

Sanksi terhadap ketiga pemain Persib tersebut, diberikan berdasarkan hasil Sidang Komdis PSSI yang digelar pada Jumat (11/08/23).

Ketiga pemain Persib tersebut mendapat sanksi atas pelanggaran Kode Disiplin PSSI Tahun 2023 yang dilakukannya pada pertandingan pekan ketujuh kompetisi Liga 1 2023-2024 menghadapi Persis Solo.

Dalam salinan putusan Komdis PSSI yang diterima Persib, I Putu Gede yang mendapatkan kartu merah karena akumulasi dua kartu kuning pada lag kontra Persis di Stadion Manahan, Solo, Selasa (08/08/23), mendapatkan hukum tambahan.

I Putu Gede, mendapatkan hukuman tambahan larangan bermain sebanyak 4 pertandingan, selain itu dia juga mendapatkan denda sebesar Rp75 juta.

Kemudian Marc Klok, mendapat hukuman larangan bermain dalam dua pertandingan dan dengan denda sebesar Rp75 juta, karena dinilai telah melakukan provokasi terhadap penonton.

Sama seperti Marc Klok, Ciro Alves dinilai telah melakukan provokasi terhadap penonton sehingga mendapat hukuman larangan bermain dalam dua pertandingan dan dengan denda sebesar Rp75 juta.

Manajemen Persib memberikan tanggapan terkait sanksi tersebut, menurut Head of Communication PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Adhi Pratama, pihaknya sangat menghormati keputusan Komdis PSSI berupa larangan bertanding terhadap tiga pemainnya tersebut.

Selain itu, manajemen akan berkoordinasi dengan tim Persib, agar semua yang ada di tim bisa menjaga profesionalitas dan bersikap sportif sebelum hingga sesudah pertandingan.

"Selanjutnya, kami akan berkoordinasi dengan seluruh anggota tim agar senantiasa menjaga profesionalitas, menaati regulasi dan kode disiplin PSSI agar tidak terulang di kemudian hari," kata Adhi, Sabtu (12/08/23).

Lebih lanjut Adhi menuturkan, meski pihak menghormati keputusan tersebut, namun manajemen Persib akan berupaya untuk banding terkait hukuman untuk ketiga pemain tersebut.

Pasalnya, hukum yang diberikan kepada I Putu Gede, Marc Klok dan Ciro Alves cukup berat. Sehingga, setelah banding diharapkan sanksi bisa lebih ringan.

"Menurut kami hukumannya cukup berat dan PSSI harus melihat sebab akibat yang memicu pelanggaran disiplin itu," ungkapnya.

Persib sendiri dalam waktu dekat akan melakoni pertandingan kandang menghadapi Barito Putera, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu (13/08/23).

Dengan sanksi tersebut, ketiga pemain Persib ini tidak akan tampil pada pertandingan pekan kedelapan kompetisi Liga 1 2023-2024.

Sebagai informasi, ketiga pemain tersebut merupakan andalan skuad Maung Bandung di kompetisi Liga 1 2023-2024, apalagi Ciro Alves merupakan mesin gol tim kebanggaan Bobotoh. 

Sehingga, adanya sanksi tersebut pasti bakal mempengaruhi penampilan Persib di kompetisi Liga 1 2023-2023 yang saat ini sedang membutuhkan kemenangan untuk memperbaiki posisi di klasemen.