Liga 1

Statistik Gila Barito Putera Bareng Rahmad Darmawan Bikin Persib Ketar-ketir

Sabtu, 12 Agustus 2023 06:30 WIB
Penulis: Martini | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Pertandingan antara Persib Bandung vs Barito Putera (BRI Liga 1). Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Pertandingan antara Persib Bandung vs Barito Putera (BRI Liga 1).

INDOSPORT.COM - Statistik gila Barito Putera bersama pelatih Rahmad Darmawan di kompetisi BRI Liga 1 2023/2024 membuat Persib Bandung mulai ketar-ketir.

Persib Bandung akan menghadapi Barito Putera di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Minggu (13/08/23) pukul 15.00 WIB. Ini akan menjadi big match yang layak dinanti.

Barito Putera hadir dengan modal positif setelah meraih kemenangan telak 4-0 atas Arema FC, kemudian unggul tipis 2-1 saat meladeni Dewa United FC di Kalimantan.

Hasil ini membuat Laskar Antasari naik ke papan atas klasemen Liga 1 dengan koleksi 13 poin, hasil dari 4 kemenangan, 1 imbang dan 2 kalah.

Barito Putera memiliki catatan poin yang sama dengan Madura United, hanya saja Laskar Antasari kalah head to head dari klub berjuluk Laskar Sape Kerrap tersebut.

Padahal jika melihat produktivitas gol, Barito Putera merupakan salah satu yang terbaik hingga pekan ke-7. Laskar Antasari telah mengumpulkan 14 gol sejauh ini.

Itu artinya, Barito rata-rata mencetak dua gol dalam satu pertandingan. Striker asing Gustavo Tocantins mencetak 4 gol, Murilo Mendes 3 gol, sisanya dari pemain lain.

Sementara untuk lini pertahanan, kolaborasi dua defender asing, Renan Alves dan Carli de Murga berdampak besar dari jumlah kebobolan Laskar Antasari.

Faktor Ega Rizky sebagai kiper senior dan berpengalaman juga membantu statistik apik Barito Putera, yang sejauh ini baru kebobolan tujuh gol. 

Catatan ini berbanding terbalik dengan Persib Bandung, sehingga membuat tim besutan Bojan Hodak ketar-ketir jelang menghadapi Laskar Antasari.

Sebelum mengintip statistik Persib Bandung di Liga 1 2023/2024, harus diketahui bahwa saat ini klub asal Jawa Barat itu sedang mengalami transisi di sektor kepelatihan.

Luis Milla dan asistennya memutuskan mundur dari klub, dan pelatih senior Bojan Hodak dipanggil untuk melanjutkan estafet perjuangan Persib di Liga 1 2023/2024.

Hingga pekan ke-7 Liga 1, Persib hanya meraih satu kali kemenangan atas Persik Kediri, itu pun terbantu situasi Renan Silva yang mendapatkan kartu merah di babak pertama.

Sisanya, Persib meraih empat kali imbang dan dua kekalahan. Maung Bandung baru mengoleksi 7 poin dari 7 pertandingan.

Bahkan, saat Bojan Hodak menjalani debut sebagai pelatih Persib, Ciro Alves dkk harus mengalami kekalahan memalukan di markas Persis Solo, dengan skor 1-2.

Secara keseluruhan, Persib sudah mencetak 11 gol, tetapi kebobolan 13 gol. Pertahanan Maung Bandung sangat rapuh dan perlu evaluasi segera.

Di luar dugaan, klub sebesar Persib Bandung harus terjun ke zona merah klasemen sementara Liga 1 2023/2024.

Setidaknya Persib memiliki modal tipis-tipis karena unggul head to head atas Barito Putera. Dari lima pertemuan terakhir di ajang resmi, Persib menang dua laga.

Barito memang bisa meraih kemenangan atas Persib Bandung di pertemuan terakhir Liga 1 2022/23 dengan skor 2-1, tetapi saat itu Bagas Kaffa dkk bermain di markas mereka.

Sementara pekan ini Persib Bandung akan bermain di GBLA. Dengan dukungan para Bobotoh yang selalu 'menggila' di tribun, bukan tidak mungkin jika ini akan jadi momentum kebangkitan Persib.