Liga 1

Alasan Miro Petric Bersedia Gabung Persib Jadi Asisten Pelatih Bojan Hodak

Senin, 14 Agustus 2023 20:47 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Juni Adi
© Arif Rahman/INDOSPORT
Asisten pelatih Persib Bandung, Miro Petric. (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT) Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Asisten pelatih Persib Bandung, Miro Petric. (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Miro Petric, membeberkan alasannya memilih bergabung dengan Persib Bandung untuk mengisi posisi asisten pelatih pada kompetisi Liga 1 2023-2024.

Menurut Miro Petric, ada beberapa alasan yang membuatnya tertarik untuk bergabung dengan skuad Persib Bandung, di antaranya yakni sosok Bojan Hodak yang saat ini menjadi pelatih Persib.

Pasalnya, sebelumnya Miro Petric sudah sempat bekerja sama dengan Bojan Hodak, salah satunya saat di Malaysia bersama Kelantan FC dan Kuala Lumpur City FC.

"Pertama pasti karena coach Bojan Hodak gabung dengan Persib dan saya bekerja bersamanya selama beberapa tahun," kata Miro Petric di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Senin (14/08/23).

Lebih lanjut Miro Petric menuturkan, saat Bojan Hodak resmi menjadi pelatih Persib, dia langsung mendapatkan tawaran untuk mengikuti jejak dari mantan pelatih PSM Makassar tersebut.

Setelah mendapat tawaran tersebut, Miro Petric tertarik untuk berkarier di Indonesia, pasalnya dia menilai Persib merupakan salah satu klub besar di Asia Tenggara. 

 "Jadi ketika dia gabung dengan Persib, dirinya juga bertanya kepada saya apakah bersedia bergabung, lalu saya melihat Persib merupakan klub terbesar di Asia Tenggara," ungkapnya.

"Jadi keputusan mudah bagi saya untuk hadir di sini dan bergabung dengan klub besar ini," ucapnya menambahkan.

Setelah resmi menjadi bagian dari skuad Maung Bandung, Miro Petric merasa senang dan bangga. Pasalnya, musim ini bisa membantu Bojan Hodak di tim besar dan memiliki suporter yang luar biasa.

"Perasaan saya sangat senang, saya sangat bangga bisa berada di sini karena saya melihat Persib merupakan klub yang besar. Suporternya luar biasa, jadi tentu luar biasa rasanya bisa berada di sini dan pastinya senang bisa berada di sini," tegasnya.

Miro Petric mengaku tidak menemui kendala, saat beradaptasi dengan tim Persib dan atmosfer sepak bola Indonesia. Pasalnya, dia sudah memiliki pengalaman berkarier di Asia Tenggara. 

Selain itu, cuaca Indonesia tidak berbeda jauh dengan negara Asia Tenggara lainnya, sehingga memudahkan dirinya untuk beradaptasi.

"Sejauh ini saya sudah berada tujuh tahun di kawasan Asia Tenggara. Saya pernah berada di Singapura, Kuala Lumpur, Malaysia, Laos, jadi tidak sulit bagi saya untuk beradaptasi," katanya.

Selain itu, Miro Petric sudah mengenal makanan di Asia Tenggara dan tertarik untuk mencoba kuliner yang ada di Bandung. Pasalnya, Kota Kembang dikenal memiliki berbagai macam makanan yang enak.

"Saya senang berada di kawasan Asia Tenggara, makanannya luar biasa, saya juga mendengar di Bandung (makanannya enak) jadi saya tentu ingin mencobanya. Orang-orangnya sangat ramah, jadi saya merasa nyaman," jelasnya.

Sementara itu, sebelum bergabung dengan Persib, Petric sempat bekerja sama dengan Bojan Hodak di klub Liga Super Malaysia, Kuala Lumpur City FC.

Selain itu, Petric sempat menjadi anggota staf pelatih di tim utama Grasshopper Zurich (Swiss), NK Slaven Belupo (Krosia), dan Foolad FC (Iran). Kemudian, dia juga pernah menjadi anggota staf pelatih Tim Nasional Laos pada 2016.

Bergabungnya Petric, maka Bojan Hodak memiliki empat assist yang akan membantu tugasnya di skuad Maung Bandung, karena sebelumnya sudah ada Yaya Sunarya, Luizinho Passos dan I Made Wirawan

Pria kelahiran Ludwigsburg, Jerman, 11 September 1980 ini didatangkan atas rekomendasi dari Bojan Hodak, pasalnya sebelumnya dia sempat mengatakan akan membawa asisten untuk membantu tugasnya di skuad Maung Bandung.