Liga 1

Permintaan Maaf Rahmad Darmawan yang Terbawa Emosi Cekcok dengan Pelatih Persib

Senin, 14 Agustus 2023 11:47 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Barito Putera, Rahmad Darmawan bersitegang dengan pelatih kiper Persib, Luizinho Passos. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Barito Putera, Rahmad Darmawan bersitegang dengan pelatih kiper Persib, Luizinho Passos.

INDOSPORT.COM - Pelatih Barito Putera, Rahmad Darmawan, menyampaikan permohonan maaf menyusul ketegangan yang terjadi dengan staf pelatih Persib Bandung dalam pertandingan pekan ke-8 Liga 1 Indonesia 2023/24.

Diketahui, tim pelatih dari kedua kesebelasan sempat bersitegang di bench pemain Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, sekitar menit ke-30.

Melihat ketegangan tersebut, beberapa ofisial dan pemain mencoba untuk menenangkan situasi, dan wasit Heru Cahyono mencabut dua kartu kuning. Masing-masing ditujukan kepada Rahmad Darmawan serta pelatih kiper Persib, Luizinho Passos.

Menurut Rahmad Darmawan, dia tidak memiliki tujuan untuk memperkeruh suasana. Coach RD, sapaan akrabnya, hanya mencoba mengingatkan staf pelatih Persib untuk menghormati keputusan wasit di atas lapangan.

"Pada kesempatan ini, saya mau meminta maaf atas insiden tadi yang terjadi," kata Rahmad Darmawan tepat setelah pertandingan.

"Sungguh saya tak bermaksud apa pun, kecuali ingin mengingatkan mari kita semua pelatih menghargai kinerja perangkat pertandingan, yaitu wasit," ucapnya menambahkan.

Lebih lanjut, RD menuturkan, staf pelatih seharusnya bisa memberikan contoh yang baik, di antaranya menghargai keputusan yang diambil oleh wasit dan tidak melakukan protes yang berlebihan.

"Saya ingin pelatih asing datang ke sini, memberikan satu edukasi, memberikan satu yang positif untuk bisa kita tiru, dicontoh," ucap Rahmad Darmawan.

"Jadi bukan menjadi dirigen untuk mengontrol apa yang dimaui dengan terus memberikan protes, jadi itu yang saya sampaikan," jelasnya.

RD kembali menegaskan dan menyampaikan permohonan maaf atas ketegangan yang terjadi pada pertandingan tandang pekan ke-8 Liga 1 2023-2024 menghadapi Persib Bandung.

"Jadi saya minta maaf mungkin salah paham, malah saya yang di kartu kuning. Tapi nggak ada masalah buat saya, saya terima kasih," tegas Coach RD.

Sementara itu, Barito Putera berhasil mengamankan satu poin di kandang Persib setelah skor berakhir imbang 1-1. Mereka sempat tertinggal lebih dulu di babak pertama menyusul gol yang dicetak Levy Madinda (41').

Barito Putera akhirnya bisa menyamakan kedudukan 1-1 di babak kedua, melalui Murilo Mendes menit 61. Gol tersebut membuat pasukan Rahmad Darmawan bisa membawa pulang satu poin.