Liga 1

Dokter Tim Persib Ungkap Alasan Teja Paku Alam Menghilang Lawan Barito

Rabu, 16 Agustus 2023 15:57 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
© Arif Rahman/Indosport
Penjaga gawang Persib Bandung di Liga 1, Teja Paku Alam, saat latihan di Lapangan Pusdikpom, Kota Cimahi, Senin (06/03/23). Copyright: © Arif Rahman/Indosport
Penjaga gawang Persib Bandung di Liga 1, Teja Paku Alam, saat latihan di Lapangan Pusdikpom, Kota Cimahi, Senin (06/03/23).

INDOSPORT.COM - Dokter tim Persib Bandung, Rafi Ghani, mengungkapkan alasan Teja Paku Alam menghilang dari daftar susunan pemain (DSP) menghadapi Barito Putera, pada pekan kedelapan Liga 1 2023-2024, Minggu (13/08/23).

Pada pertandingan kandang yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, posisi penjaga gawang Persib diisi oleh Fitrul Dwi Rustapa.

Menurut Rafi, Teja Paku Alam tidak masuk dalam DSP Persib menghadapi Barito Putera, pasalnya penjaga gawang yang menggunakan nomor punggung 14 tersebut mengalami cedera di bagian lengan.

Lebih lanjut Rafi menuturkan, cedera yang dialami oleh Teja, membuat kiper yang sempat memperkuat Semen Padang dan Sriwijaya FC tersebut harus beristirahat selama sepakan.

Selain itu, selama sepekan tersebut kondisi Teja Paku Alam tidak menentu, sehingga pada pertandingan menghadapi Barito Putera, tim medis Persib mengusulkan kepada pelatih untuk mengistirahatkannya.

"Teja ada masalah pada bagian lengan bawah, kemarin memang kita istirahatkan selama satu minggu karena permasalahannya," kata Rafi Ghani.

"Dan keluhannya tidak ada kemudian keluhannya muncul lagi, jadi kita tim kesehatan memberikan rekomendasi ke jajaran pelatih untuk mengistirahatkan Teja selama seminggu," ucapnya menambahkan.

Sejauh ini, kondisi Teja sudah semakin membaik. Selain itu, kiper berusia 29 tahun tersebut berpeluang untuk tampil pada pertandingan pekan kesembilan Liga 1 2023-2024 menghadapi PSIS Semarang.

"Dan Alhamdulillah pada saat ini saya nyatakan keluhannya sudah tidak ada. Tangan kanan (cederanya)," jelasnya.

Persib sendiri pada pertandingan menghadapi Barito Putera, hanya mampu meraih satu poin, setelah laga pekan kedelapan kompetisi Liga 1 2023-2024 berakhir imbang 1-1.

Setelah pertandingan menghadapi Barito Putera, dua pemain Persib dipantau kondisinya oleh tim medis skuad Maung Bandung karena mengalami cedera, yakni Rachmat Irianto dan Dedi Kusnandar.

"Kondisi pemain saat ini memang ada beberapa orang yang masuk ke dalam pemantauan tim kesehatan. Ada beberapa yang bermasalah seperti Rachmat Irianto sama Dedi Kusnandar, ada hamstring di kaki kiri," ungkap Rafi menuturkan.

Kedua pemain tersebut akan terus dipantau kondisinya oleh tim medis Persib, hingga menjelang pertandingan pekan kesembilan Liga 1 2023-2024 menghadapi PSIS Semarang.

Meski demikian, masih ada waktu bagi kedua pemain tersebut untuk memulihkan kondisinya dan bagi Rachmat Irianto, pemain yang berposisi sebagai bek itu lawan PSIS berpeluang besar bisa tampil.

"Rachmat Irianto insya Allah pas lawan PSIS kita akan terapi terus agar pemulihannya lebih cepat," tegas Rafi.

Sementara itu, pertandingan menghadapi PSIS Semarang rencananya akan digelar di Stadion Jatidiri, Semarang, Minggu (20/08/23). 

Persib sudah mulai mempersiapkan diri untuk melakoni pertandingan tersebut, dengan menggelar latihan di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Senin (14/08/23).

Pada sesi latihan untuk persiapan menghadapi PSIS Semarang, asisten pelatih anyar Persib Bandung, Miro Petric, sudah bergabung dan ikut memberikan program kepada skuad Maung Bandung.