In-depth

Siapa Cathal Heffernan? Bibit Muda yang Ikut Sandro Tonali Lepas dari AC Milan

Rabu, 16 Agustus 2023 13:56 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© AMA/Corbis via Getty Images
AC Milan dikabarkan melepas salah satu pemain mudanya, Cathal Heffernan, ke Newcastle United. Foto: AMA/Corbis via Getty Images. Copyright: © AMA/Corbis via Getty Images
AC Milan dikabarkan melepas salah satu pemain mudanya, Cathal Heffernan, ke Newcastle United. Foto: AMA/Corbis via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Italia (Serie A), AC Milan, nampaknya harus kehilangan salah satu bibit mudanya yang ikut pindah Sandro Tonali ke Newcastle United.

Ia adalah Cathal Heffernan, bek berusia 18 tahun asal Irlandia yang baru mendarat di AC Milan pada 2022 lalu.

Seperti diketahui, AC Milan baru saja membuat gempar jagat sepak bola dengan melepas Sandro Tonali ke Newcastle United.

Padahal, gelandang berusia 23 tahun tersebut tidak menunjukkan tanda-tanda mengalami masa sulit yang bisa memengaruhi masa depannya di skuad Stefano Pioli.

Tidak butuh waktu lama bagi Sandro Tonali untuk menunjukkan magisnya di Liga Inggris bersama The Magpies.

Ia langsung mencetak gol perdana The Magpies di Liga Inggris 2023/2024 saat menghadapi Aston Villa pekan lalu. Kemenangan 5-1 pun berhasil ia dan rekan-rekannya raih.

Kini memiliki mantan pemain AC Milan dalam skuadnya, Newcastle United ternyata masih terus berinvestasi dari klub asal Lombardy.

Dengan potensi yang sama besarnya dengan Sandro Tonali saat dulu masih di Brescia, kubu Newcastle United pun dengan percaya diri mendatangkan Cathal Heffernan.

Meski masih berusia 18 tahun, bek yang satu ini sudah cukup berpengalaman dan makan garam sebagai pesepak bola.

Ia sudah dipercaya sebagai kapten di Timnas Irlandia U-17 dan masih terus meniti karier ke level senior.

Dari AC Milan ke Newcastle United

Cathal Heffernan mulai menarik perhatian AC Milan di bursa transfer usai rajin mengikuti trial bersama kesebelasan-kesebesalan Eropa daratan.

Ia bahkan pernah menjajakan talentanya ke AS Roma dan sempat singgah di klub Bundesliga Jerman, Bayer Leverkusen.

Hingga akhirnya, di usia 16 tahun ia didatangkan AC Milan dari klub Irlandia, Cork City, pada Januari 2022 dengan status pinjaman.

Tidak berselang lama, tepatnya pada bulan Juni ia kemudian dipermanenkan dan bertahan selama 18 bulan sebelum dilepas ke Newcastle United.

Ia berhasil menarik hati klub kaya raya Liga Inggris tersebut saat trial meski di sisi lain ada kabar yang menyebut Verona juga meminatinya.