In-depth

3 Playmaker dari Jepang yang Sukses di Liga Italia Ini Bisa Jadi Panutan Daichi Kamada

Kamis, 17 Agustus 2023 23:20 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© REUTERS/Thilo Schmuelgen
Selebrasi pemain Eintracht Frankfurt, Daichi Kamada usai mencetak gol. (Foto: REUTERS/Thilo Schmuelgen) Copyright: © REUTERS/Thilo Schmuelgen
Selebrasi pemain Eintracht Frankfurt, Daichi Kamada usai mencetak gol. (Foto: REUTERS/Thilo Schmuelgen)

INDOSPORT.COM - Daichi Kamada menjadi pemain asal Jepang yang tengah mendapat sorotan, karena kini bergabung ke salah satu raksasa Liga Italia (Serie A), Lazio.

Sebelum bergabung ke Lazio pada bursa transfer musim panas 2023, Daichi Kamada sempat menjadi rebutan Inter Milan dan AC Milan.

Bahkan AC Milan sempat dilaporkan sudah menjadwalkan tes medis dan tanda tangan kontrak untuk pemain berpaspor Jepang tersebut. Sayang, rencana tersebut gagal.

Situasi ini dimanfaatkan oleh klub rival AC Milan, Inter Milan. Hal ini didukung kemampuan Daichi Kamada yang diyakini membuatnya dengan mudah masuk dalam skema sang pelatih, Simone Inzaghi.

Namun, transfer ini lagi-lagi berpotensi gagal. Pasalnya, Nerazzurri lebih memilih mennghabiskan uang untuk mencari kiper pengganti Andre Onana dan Samir Handanovic.

Di tengah sengkarut ini, Lazio tiba-tiba muncul sebagai peminat anyar Daichi Kamada. Klub asal kota Roma tersebut bahkan disebut telah melayangkan proposal untuk pemain asal Jepang tersebut.

"Lazio telah mengirim proposal baru untuk Daichi Kamada, dengan kontrak berduasi dua tahun dan opsi perpanjangan setahun. Negosiasi tengah berjalan, menanti lampu hijau," cuit jurnalis kenamaan, Fabrizio Romano pada awal Agustus 2023 lalu.

Sementara itu, menurut Football Italia, Lazio disebut punya keuntungan dibandingkan tim-tim lain karena faktor sponsor. Sponsor apparel mereka adalah Mizuno, yang notabene perusahaan produsen olahraga dari Jepang.

Kedatangan Daichi Kamada ke Lazio menjadikan dirinya sebagai alarm berbahaya bagi AC Milan dan Inter Milan. Pasalnya mereka sudah membuat gelandang asal Jepang tersebut merasa di PHP.

Agar bisa sukses di kompetisi Liga Italia, Daichi Kamada sepertinya harus melihat kiprah para pendahulunya. Berikut INDOSPORT telah merangkum tiga pemain Jepang yang sukses di Liga Italia (Serie A):

1. Hidetoshi Nakata

Yang pertama ada Hidetoshi Nakata, di mana dirinya menjadi pemain asal Jepang tersukses di Liga Italia. Ia bergabung ke AS Roma pada bursa transfer musim dingin 1999-2000 silam.

Baru setengah musim bergabung AS Roma, Hidetoshi Nakata langsung membawa i Giallorossi meraih Scudetto. Hal itu membuat namanya semakin melambung di Eropa.

Dua musim memperkuat AS Roma, Nakata kemudian hengkang ke sesama klub Liga Italia, Parma. Ia juga langsung menjadi bagian saat klub tersebut juara Coppa Italia 2001-2002.

Selanjutnya, sang gelandang dipinjamkan ke Bologna pada pertengahan musim 2003–2004. Selepas itu, Nakata kemudian bergabung ke Fiorentina.

Musim kedua bersama Fiorentina pada 2005-2006 silam, Hidetoshi Nakata pindah ke Lig Inggris dengan status dipinjam Bolton Wanderers sampai gantung sepatu.