Bola Internasional

Fergus Tierney, Bule Malaysia Pembobol Gawang Timnas U-23 Ternyata Bukan Naturalisasi

Sabtu, 19 Agustus 2023 21:50 WIB
Penulis: Martini | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Instagram @fergus.tierney
Fergus Tierney, pemain Timnas Malaysia yang dua kali membobol gawang Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023. (Foto: IG @fergus.tierney) Copyright: © Instagram @fergus.tierney
Fergus Tierney, pemain Timnas Malaysia yang dua kali membobol gawang Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023. (Foto: IG @fergus.tierney)

INDOSPORT.COM - Pernah main di Atletico Madrid, pesepak bola Malaysia yang dua kali membobol gawang Timnas Indonesia U-23, Fergus Tierney ternyata bukan naturalisasi.

Pertandingan Piala AFF U-23 2023 Grup B antara Timnas Indonesia U-23 vs Malaysia, Jumat (18/08/23) malam berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Negeri Jiran.

Bertanding di Stadion Rayong Provincial, Thailand, Timnas Indonesia U-23 besutan Shin Tae-yong kalah dari musuh bebuyutan hingga terbenam di dasar klasemen Grup B.

Timnas Indonesia U-23 unggul lebih dulu berkat gol Ramadhan Sananta di babak pertama, namun Malaysia berhasil comeback di babak kedua.

Malaysia mencetak dua gol lewat pemain berwajah bule, Fergus Tierney, salah satunya dari skema sepak penalti.

Selepas pertandingan, Fergus Tierney mengaku bangga bisa membobol gawang Timnas Indonesia U-23, mengingat skuad Garuda adalah juara SEA Games 2023.

"Saya sedikit emosional karena kami main melawan tim yang baru saja memenangkan medali emas SEA Games," ungkap Tierney, dilansir dari laman ASEAN Football.

"Timnas Indonesia selalu sulit untuk dilawan. Tapi, kami yakin bahwa kami bisa melakukan ini," tambah pemain berusia 20 tahun itu. 

Banyak yang penasaran, siapa sebenarnya Fergus Tierney, pemain Timnas Malaysia yang memiliki wajah bule, berkulit putih dan rambut kemerahan.

Bahkan, banyak yang menduga jika Fergus Tierney adalah pemain naturalisasi, apalagi jika melihat latar belakangnya yang lahir di Skotlandia.