Liga 1

Persis Solo Pasang Arkhan Kaka Imbas Absennya David Gonzalez Absen vs Bali United?

Sabtu, 19 Agustus 2023 10:15 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Arkhan Kaka Putra Purwanto dipersiapkan Persis Solo menuju Piala Dunia U-17 2023. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT) Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Arkhan Kaka Putra Purwanto dipersiapkan Persis Solo menuju Piala Dunia U-17 2023. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Persis Solo dipastikan tanpa David Gonzalez ketika melawan Bali United dalam laga pekan ke-9 Liga 1 Indonesia 2023/24, Sabtu (19/8/23). Posisinya kemungkinan digantikan Arkhan Kaka Putra.

David merupakan bomber asal Spanyol yang didatangkan pada musim ini. Dia datang dengan modal performa ciamik bersama tim kasta ketiga Liga Spanyol, Algeciras CF.

Dalam delapan pekan Liga 1, Roni, sapaan akrabnya, selalu dimainkan oleh Persis Solo. Dia berkontribusi atas satu gol ke gawang Madura United dan satu assist untuk gol Ramadhan Sananta.

Sebenarnya, Roni masuk dalam proyeksi untuk tampil pada pekan ke-9 melawan Bali United. Roni jadi opsi duet Fernando Rodriguez karena Ramadhan Sananta sedang bersama timnas Indonesia U-23.

Sayangnya, Roni dipastikan absen dalam laga melawan Bali United. Meski terlihat hadir dalam sesi oficial training di Stadion Manahan, Jumat (18/8/23), ternyata Roni datang dalam kondisi cedera.

Dokter tim Persis Solo, Iwan Wahyu Utomo, menjelaskan Roni mengalami cedera pada sesi latihan di Stadion UNS pada Selasa (15/8/23) lalu.

Diagnosa dari cedera yang dirasakan Roni adalah groin injury atau groin strain. Tim medis Persis Solo pun membawa Roni ke Rumah Sakit JIH Solo untuk dilakukan Magnetic Resonance Imaging (MRI).

"Cedera Roni didapatkan saat menendang bola. Setelah menendang merasa otot di pangkal pahanya sakit atau ketarik. Hasil MRI tak ada kelainan di soft tissue, tak ada robekan pada musculus," kata Iwan Wahyu Utomo.

Hasil dari MRI ini menjadi dasar untuk menentukan kesiapan Roni di Liga 1 2023/24. Roni akan menjalani latihan rutin setelah laga melawan Bali United.

"Roni akan rest dua sampai tiga hari dan akan ikut latihan lagi setelah pertandingan melawan Bali United," ungkap dr. Iwan Wahyu Utomo.

Roni bukan satu-satunya pemain yang akan absen melawan Bali United. Alexis Messidoro juga dipastikan absen karena menjalani pemulihan cedera hamstring.

Selain itu, ada tiga nama yang absen karena tampil di Piala AFF U-23 bersama timnas Indonesia. Ketiganya adalah Ramadhan Sananta, Muhammad Kanu Helmiawan dan Irfan Jauhari.

Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano, menegaskan timnya tak hanya bergantung pada sosok tertentu saja. Dalam sesi jumpa pers, Leo Medina tak khawatir saat Messidoro absen.

"Kami tidak fokus pada pemain yang sedang cedera. Kami fokus bagaimana bisa menyerang dengan bagus untuk tim yang punya pertahanan bagus. Kami fokus menyerang lawan di tengah," ucap Leo Medina.

Ada kemungkinan Arkhan Kaka Putra Purwanto akan menjalani debut di Liga 1 2023/24. Pasalnya, Persis tak punya opsi penyerang lain ketika Roni dan Sananta absen.

Pemain yang belum genap 16 tahun ini berpotensi jadi duet anyar bagi Fernando Rodriguez, namun juga punya kans dimainkan pada babak kedua saat strategi penyerang tunggal tak jalan.

Selama delapan pekan Liga 1 2023/24 berjalan, Arkhan Kaka hanya sempat jadi cadangan empat kali. Sementara musim lalu Kaka bermain sebagai pemain pengganti dalam tiga pertandingan.