Timnas Indonesia

Skenario Sulit Timnas Indonesia U-23 untuk Bisa Lolos Semifinal Piala AFF U-23 2023

Sabtu, 19 Agustus 2023 06:15 WIB
Editor: Juni Adi
© PSSI
Pertandingan perdana Grup B Piala AFF U-23 antara Malaysia vs Timnas Indonesia U-23, Jumat (18/08/23) malam WIB. Copyright: © PSSI
Pertandingan perdana Grup B Piala AFF U-23 antara Malaysia vs Timnas Indonesia U-23, Jumat (18/08/23) malam WIB.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia masih punya peluang meski kecil untuk bisa lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023. Berikut skenarionya:

Duel seru tersaji di pertandingan pembuka Grup B Piala AFF U-23 2023, antara Malaysia U-23 vs Timnas Indonesia U-23 di Stadion Rayong Provincial, Thailand, pada Jumat (18/08/23) malam WIB.

Timnas Indonesia U-23 harus menelan pil pahit kala tunduk dengan skor tipis 1-2 dari Malaysia. Padahal mereka sempat unggul lebih dahulu di babak pertama.

Gol dicetak oleh Ramadhan Sananta di menit ke-28. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum. Memasuki babak kedua, Skuad Garuda Muda malah kecolongan. 

Malaysia U-23 menyamakan kedudukan jadi 1-1 lewat gol Fergus Tierney dari titik putih. Selang beberapa menit kemudian, Harimau Malaya Muda kembali trengginas, mereka sukses comeback di menit ke-62.

Fergus Tierney kembali mencatatkan namanya di papan skor, kedudukan pun berubah 1-2 yang bertahan hingga laga usai. Malaysia U-23 menang atas Timnas Indonesia U-23.

Usai pertandingan pelatih Shin Tae-yong merasa Timnas Indonesia U-23 tidak seharusnya menelan kekalahan. Terlebih lagi ia menilai penalti Tierney yang dianggap pelanggaran Kadek Arel berbau kontroversi.

"Terkait penalti, itu sebenarnya bukan pelanggaran. Tidak seharusnya penalti, dan mungkin itu yang mengubah permainan," ujar Shin Tae Yong.

"Melihat hasil pertandingan, kami akan tetap melakukan yang terbaik sebisa kami," ucap Shin Tae Yong.

"Bagi kami turnamen ini memang seperti pertandingan uji coba, namun tetap kami ingin memberikan yang terbaik sampai kompetisi ini berakhir," kata STY menambahkan.

Hasil ini membuat anak asuh pelatih Shin Tae-yong harus turun ke dasar klasemen Grup B tanpa satu pun poin, sementara Malaysia U-23 memimpin dengan 3 poin. Lantas bagaimana peluang lolosnya?