Liga 1

Bicara Kekuatan Lawan, Pelatih Persib Bojan Hodak Soroti Pemain Asing PSIS

Minggu, 20 Agustus 2023 11:05 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Subhan Wirawan
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih anyar Persib, Bojan Hodak pada laga pekan keenam Liga 1 2023/2024 melawan Bali United di stadion GBLA, Kamis (03/08/23). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih anyar Persib, Bojan Hodak pada laga pekan keenam Liga 1 2023/2024 melawan Bali United di stadion GBLA, Kamis (03/08/23).

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak, bicara mengenai kekuatan PSIS Semarang yang akan dihadapi timnya pada pertandingan tandang Liga 1 2023-2024 di Stadion Jatidiri, Semarang, Minggu (20/08/23).

Menurut Bojan Hodak, PSIS Semarang merupakan salah satu klub kuat di kompetisi Liga 1 2023-2024 dan baru saja meraih kemenangan atas Dewa United di laga tandang Liga 1 2023-2024.

Sehingga, kepercayaan diri dan motivasi PSIS saat ini sedang meningkat, ditambah lagi mereka dihuni banyak pemain berkualitas baik lokal maupun asing.  

"Mengenai Semarang, mereka baru saja menang dan juga memiliki pemain yang bagus," kata Bojan Hodak, Sabtu (19/08/23).

Bojan Hodak menambahkan, pemain asing yang dimiliki PSIS Semarang patut untuk diwaspadai, di antaranya yakni Taisei Marukawa dan Carlos Fortes. Kemudian, Paulo Gali winger asal Timor Leste yang memiliki kecepatan.

"Saya melihat sebelumnya pemain asal Jepang dan Portugal yang sebelumnya tidak bisa tampil sekarang sudah kembali. Mereka memiliki kualitas dan mereka juga punya pemain yang cepat di sisi sayap, pemain dari Timor Leste," ungkapnya.

Sehingga, pada pertandingan pekan kesembilan kompetisi Liga 1 2023-2024 Bojan Hodak menginstruksikan anak asuhnya untuk bekerja keras dan mewaspadai permainan PSIS.

Namun, Bojan Hodak menilai penampilan PSIS Semarang tidak sempurna dan ada kelemahan yang bisa dimanfaatkan oleh skuad Maung Bandung untuk mengamankan poin tandang.

"Tentunya mereka sangat berbahaya terutama dalam transisi ke menyerang jadi mereka bermain menunggu lalu melakukan serangan balik. Tapi mereka juga tentunya memiliki kelemahan," ujarnya.

PSIS Semarang memiliki modal yang bagus untuk menghadapi Persib, pasalnya pada pertandingan sebelumnya berhasil menaklukkan tuan rumah Dewa United dengan skor yang cukup telak 4-1.

Bojan Hodak mengakui, hasil maksimal yang diraih PSIS Semarang pada pertandingan pekan kedelapan Liga 1 2023-2024 menambah motivasi dan kepercayaan diri Septian David dan kawan-kawan.

Namun, Bojan Hodak menilai penampilan Persib dalam beberapa laga terakhir di kompetisi Liga 1 2023-2024 sudah mengalami peningkatkan.

"Memang betul bahwa kemenangan yang didapat mereka membuat kepercayaan diri bertumbuh. Namun kami juga memperlihatkan kemajuan di beberapa laga terakhir," ujarnya.

Hanya saja, menurut Bojan Hodak skuad Maung Bandung masih memiliki kekurangan dalam penyelesaian akhir. Karena, pada beberapa laga pasukannya memiliki banyak peluang emas.

Namun, dari sekian banyak peluang tersebut, hanya beberapa peluang yang dapat dimaksimalkan menjadi gol.

Sehingga, hal itu menjadi pekerjaan rumah baginya agar tim kebanggaan Bobotoh bisa tampil lebih baik lagi khususnya dalam penyelesaian akhir.

"Namun masih bermasalah dengan sentuhan akhir. Seperti yang pernah saya katakan, dari tiga laga terakhir kami melakukan 45 tembakan namun sayangnya hanya dua yang menjadi gol," katanya.

"Itu hal yang saya ingin lihat di laga besok bahwa pemain sanggup mencetak gol dan 'memaksa' saya untuk memainkan lagi mereka di laga berikutnya," tegasnya.

Sementara itu, pertemuan terakhir Persib dan PSIS Semarang terjadi pada kompetisi Liga 1 2022-2023, saat itu pada putaran pertama skuad Maung Bandung berhasil unggul dengan skor 2-1.

Kemudian pada putaran kedua, Persib kembali menunjukkan kualitasnya dengan menaklukkan PSIS Semarang yang bermain sebagai tuan rumah dengan skor 1-3 di Stadion Jatidiri, Semarang.