Timnas Indonesia

Klasemen dan Top Skor Piala AFF U-23: Timnas Indonesia U-23 Buka Peluang Lolos ke Semifinal

Minggu, 20 Agustus 2023 22:39 WIB
Editor: Juni Adi
© PSSI
Pertandingan perdana Grup B Piala AFF U-23 antara Malaysia vs Timnas Indonesia U-23, Jumat (18/08/23) malam WIB. Copyright: © PSSI
Pertandingan perdana Grup B Piala AFF U-23 antara Malaysia vs Timnas Indonesia U-23, Jumat (18/08/23) malam WIB.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-23 membuka peluang untuk lolos ke semifinal Piala AFF U-23 usai menang atas Timor Leste 1-0 di pertandingan pamungkas Grup B.

Duel seru tersaji di pertandingan pamungkas grup B Piala AFF U-23 2023 antara Timnas Indonesia U-23 vs Timor Leste di Stadion Rayong Provincial, Thailand, pada Minggu (20/08/23) malam WIB.

Skuad Garuda Muda menang dengan skor tipis 1-0 lewat gol semata wayang Ramadhan Sananta di menit ke-45. Ditargetkan menang besar, bikin permainan timnas Indonesia U-23 kurang tenang dan terkesan buru-buru.

Pasalnya sejumlah peluang emas berhasil didapat tapi beberapa kali gagal dimanfaatkan. Seperti halnya yang dimiliki Ramadhan Sananta di pertengahan babak pertama. 

Namun, Ramadhan Sananta akhirnya bisa mencetak gol di menit-menit injury time babak pertama lewat sundulan hasil dari umpan David Beckham.

Di babak kedua juga begitu. timnas Indonesia U-23 kesulitan mencetak gol tambahan akibat finishing buruk, begitu juga dengan Timor Leste.

Skor 1-0 tak berubah hingga laga usai. Kemenangan ini membuat posisi timnas Indonesia U-23 naik ke peringkat ke-2 dengan 3 poin.

Sebelumnya mereka tenggelam di dasar klasemen Grup B usai kalah 1-2 dari Malaysia. Kendati demikian, nasib timnas Indonesia U-23 untuk melaju ke semifinal masih harus bergantung dengan tim lain.

Terutama Kamboja dan Filipina masing-masing dari grup A dan C. Keduanya saat ini tergabung ke dalam sebuah klasemen khusus yang berisi para runner-up dari tiga grup A, B, serta C. 

Klasemen khusus itu disebut klasemen runner-up terbaik, untuk mengisi satu slot di babak semifinal dari jalur ini. Timnas Indonesia U-23 saat ini memimpin dengan perolehan 1 poin, setelah menang atas Timor Leste.

Dibuntuti oleh Filipina dan Kamboja. Publik Tanah Air berharap Filipina dan Kamboja meraih hasil buruk di sisa pertandingan grup A dan C, agar posisi Indonesia tark tergusur dan gugur.