Liga 1

Leo Medina Putar Otak Imbas Cara Bermain Persis Solo Sudah Terbaca di Liga 1

Selasa, 22 Agustus 2023 14:35 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT) Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Persis Solo bergerak cepat melakukan perubahan taktik di Liga 1 Indonesia 2023/24. Mereka melihat calon lawannya sudah mulai mempelajari cara bermain Alexis Messidoro dkk.

Awalnya, Persis Solo sangat percaya diri mengusung pola 3-5-2. Mereka kerap kali mendorong tiga bek untuk ikut maju, bahkan melewati garis tengah lapangan.

Namun, dalam beberapa laga terakhir, terjadi perubahan strategi yang dilakukan Persis. Pola 4-4-2 dengan memainkan Faqih Maulana dan Eky Taufik secara bersamaan mulai diterapkan.

Garis pertahanan Persis Solo juga tak seekstrim awal musim ini. Bahkan, beberapa upaya counter attack mulai dilakukan dan cukup efektif karena mereka punya beberapa pemain dengan kecepatan tinggi.

Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina, berbicara tentang bagaimana timnya bermain. Ia melihat rival-rival di Liga 1 mulai memahami strategi yang awalnya mereka pakai.

"Kami berpikir banyak tentang ball possession, tapi terkadang tak perlu lantaran sekarang lawan tahu bagaimana kami bermain. Terasa sulit bagi kami. Ball possesion dan pertahanan harus seimbang," kata Leo Medina.

Strategi menguasai laga dengan turut mendorong pemain belakang maju juga tidak bisa diterapkan secara rutin. Leo Medina turut melihat potensi dari setiap pemain yang tersedia.

Di dalam timnya, Leo Medina memiliki pemain di satu posisi dengan perbedaan karakter. Ada yang mampu menjalankan penguasaan bola, ada juga yang kesulitan melakukan hal tersebut.

"Kadang-kadang pemain berbeda. Kadang bisa punya penguasaan bola, tapi pemain dengan karakter yang berbeda tidak bisa. Kami ingin terus maju dalam permainan kami secara all in. Termasuk penguasaan bola," tutur Leo Medina.

Leo Medina sejatinya ingin timnya bisa memenangi pertandingan dengan mendominasi penguasaan bola sepanjang laga. Namun, ia juga harus tetap realistis di setiap pertandingan.

"Yang paling penting bagi saya adalah mencapai titik kemenangan dengan penguasaan bola tertinggi, tapi terkadang kami harus mengorbankan itu (untuk menjaga kemenangan),"jelas Leo Medina.

Setelah kemenangan atas Bali United 2-1, Sabtu (19/8/23), Persis Solo memberi jatah libur dua hari kepada para pemain. Mereka baru berlatih lagi pada Selasa (22/8/23).

Persis Solo akan mempersiapkan diri untuk dua laga tandang ke markas PSM Makassar pada Senin (28/8/23) dan Barito Putera, Minggu (3/9/23).

"Sungguh dua pertandingan yang sulit karena berstatus tandang, tapi tidak ada masalah. Kami punya banyak pemain dengan mentalitas yang bagus," ucap Leo Medina.

"Saya pikir kita akan menghadapi pertandingan tandang dengan keras dan kuat, dengan semangat Sambernyawa sebagai identitas Persis," lanjutnya.

Belum diketahui apakah Alexis Messidoro bisa tampil dalam dua laga tandang tersebut. Messidoro masih dalam tahapan penyembuhan cedera hamstring.

Sementara itu, David Gonzalez kemungkinan besar sudah bisa main. Bomber asal Spanyol ini sempat absen melawan Bali United karena cedera dalam sesi latihan.

Persis Solo perlu mencuri poin dalam dua lawatan itu untuk menjaga posisi di Liga 1 2023/24. Kini, Persis Solo ada di peringkat ke-10 dengan raihan 12 poin.

Koleksi poin Persis hanya terpaut empat poin saja dari Persikabo 1973 yang berada di peringkat ke-16 atau zona degradasi Liga 1 2023/24.