Liga 1

Masa Depan Cerah! 2 Pemain Muda Persib Jalani Debut Manis di Liga 1 2023-2024

Rabu, 23 Agustus 2023 14:24 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
© Arif Rahman/INDOSPORT
Dua pemain muda Persib Bandung menjalani debutnya dengan manis di kompetisi Liga 1 2023-2024 saat menghadapi PSIS, salah satunya Arsan Makarim. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Dua pemain muda Persib Bandung menjalani debutnya dengan manis di kompetisi Liga 1 2023-2024 saat menghadapi PSIS, salah satunya Arsan Makarim.

INDOSPORT.COM - Dua pemain Persib Bandung menjalani debutnya dengan manis di kompetisi Liga 1 2023-2024 saat menghadapi PSIS Semarang di Stadion Jatidiri, Semarang, Minggu (20/09/23).

Pasalnya, pada pertandingan tersebut tim kebanggaan Bobotoh berhasil meraih poin penuh usai menaklukkan tuan rumah PSIS dengan skor 2-1.

Kemenangan Persib 2-1 atas PSIS, dicetak melalui dua gol atau brace penalti Marc Klok pada menit 24' dan injury time babak kedua.

Penalti tersebut tercipta setelah pemain PSIS Semarang melanggar Daisuke Sato pada babak pertama dan yang kedua giliran Ryan Kurnia yang dilanggar. Sedangkan gol tunggal PSIS, melalui Paulo Gali menit 56.

Kedua pemain yang menjalani debut pada pertandingan pekan kesembilan Liga 1 2023-2024, yakni Kakang Rudianto yang berposisi sebagai bek dan sayap kanan Arsan Makarim.

Bermain Kakang Rudianto dan Arsan Makarim pada pertandingan menghadapi PSIS, tak lepas dari absennya beberapa pemain andalannya skuad Maung Bandung di pekan kesembilan Liga 1 2023-2024.

Beberapa pemain andalan Persib tidak dapat bermain pada pertandingan menghadapi PSIS, karena alasan yang berbeda, mulai dari cedera sampai sanksi larangan bertanding.

Banyak Pilar Absen

Pemain yang absen karena mengalami cedera di antaranya, Dedi Kusnandar dan ujung tombak Persib, David da Silva, kemudian Ciro Alves dan I Putu Gede mendapatkan sanksi larangan bertanding.

Selanjutnya, Beckham Putra Nugraha dan Robi Darwis harus bergabung dengan Timnas Indonesia U-23. Sehingga, pada pertandingan menghadapi PSIS, skuad Maung Bandung menurunkan komposisi pemain yang berbeda dari sebelumnya.

Kakang Rudianto, tampil sebagai starter pada pertandingan menghadapi PSIS, bahkan pemain yang sempat bergabung dengan Timnas Indonesia U-20 ini bermain penuh.

Sebelumnya, pada delapan pertandingan kompetisi Liga 1 2023-2024, Kakang masuk dalam daftar susunan pemain (DSP) hingga pekan ketiga. Sedangkan sisanya dari pekan keempat hingga kedelapan, dia mengikuti tes mengikuti pendidikan polisi.

Pada musim lalu, kompetisi Liga 1 Kakang mendapatkan kesempatan bermain dalam 11 pertandingan dengan mengumpulkan 700 menit bermain. 

Sedangkan sisanya, Kakang Rudianto duduk di bangku cadangan dan harus memenuhi panggilan Timnas Indonesia U-20 yang saat itu disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023.

Sedangkan Arsan Makarim, pada pertandingan menghadapi PSIS Semarang, masuk pada babak kedua menit 61' menggantikan peran Frets Butuan.

Selain itu, Arsan juga mengalami luka di bagian kepala hingga mengeluarkan darah setelah berbenturan dengan penjaga gawang PSIS Semarang, Adi Satryo. 

Melihat kondisi yang dialami oleh Arsan, Bojan Hodak memutuskan untuk menarik keluar pemain yang menggunakan nomor punggung 70 ini saat memasuki injury time untuk digantikan Rezaldi Hehanusa.

Sebelumnya, pada pekan pertama hingga ketujuh kompetisi Liga 1 2023-2024, Arsan Makarim tidak masuk dalam daftar susunan pemain (DSP) tim Persib Bandung.

Arsan baru masuk dalam DSP tim Persib, pada pertandingan pekan kedelapan kompetisi Liga 1 2023-2024 menghadapi Barito Putera di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu (13/08/23).

Sedangkan pada musim 2022-2023, Arsan Makarim mendapatkan kesempatan bermain dalam lima pertandingan dengan mengumpulkan 172 menit bermain.

3 Poin Pertama

Sementara itu, kemenangan atas PSIS menjadi tiga poin pertama tim Persib sejak dilatih oleh Bojan Hodak usai masuk menggantikan Luis Milla.

Pasalnya, tiga laga sebelumnya skuad Maung Bandung gagal meraih poin penuh. Saat menghadapi Bali United dan Barito Putera, skuad Maung Bandung hanya meraih hasil imbang.

Kemudian, pada pertandingan menghadapi Persis Solo di Stadion Manahan, Solo, tim kebanggaan Bobotoh harus mengakui keunggulan tuan rumah dengan skor 2-1.

Sehingga, kemenangan atas PSIS Semarang menjadi tiga poin pertama yang diraih oleh Persib, sejak ditangani oleh Bojan Hodak. 

Kemenangan atas PSIS juga sekaligus membuat Persib keluar dari zona degradasi, lantaran tambahan tiga poin membuat skuad Maung Bandung naik ke peringkat 14 klasemen Liga 1 dengan mengumpulkan 11 poin.