Timnas Indonesia

Prediksi Menpora Laga Timnas U-23 vs Thailand U-23 di Semifinal Piala AFF U-23, Menang Tipis

Rabu, 23 Agustus 2023 22:29 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
© Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Menpora Republik Indonesia, Dito Ariotedjo. (Foto: Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT) Copyright: © Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Menpora Republik Indonesia, Dito Ariotedjo. (Foto: Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Menpora RI, Dito Ariotedjo memprediksi Timnas Indonesia U-23 melangkah ke partai final Piala AFF U-23 2023. Dia mengatakan, skuad Garuda Muda bisa kalahkan Thailand di babak semifinal. 

Sebagai informasi, Indonesia lolos ke babak empat besar Piala AFF U-23 2023 setelah jadi runner up terbaik, unggul atas Filipina dan Kamboja. 

Hasil itu membuat Timnas Indonesia U-23 harus berhadapan dengan juara Grup A yakni Thailand di babak semifinal.

Pertemuan kedua negara diprediksi berlangsung sengit karena ada aroma balas dendam. Thailand yang jadi tuan rumah kejuaraan ini, berusaha nnmbalas kekalahan 2-5 dari Indonesia di final SEA Games 2023 Mei lalu di Kamboja.

Meski demikian, Menpora optimis Timnas U-23 bisa menang dengan skor tipis. Dia berharap pelatih Shin Tae-yong mempersiapkan tim dengan baik.

“Ini jadi tantangan, semoga sudah dipersiapkan secara maksimal dan semoga menang juga. Skornya? menang tipis lah kita,” ujar Menpora, Rabu (23/08/23). 

Dito Ariotedjo mengingatkan para pemain agar bermain dengan kepala dingin. Pasalnya, ada keributan pada pertemuan terakhir kedua negara di final SEA Games 2023. 

Buntut dari keributan tersebut, dua pemain Timnas U-23 yang dipanggil ke Piala AFF U-23 yakni Komang Teguh dan Titan Agung tak bisa bermain karena terkena sanksi AFC. 

“Tidak lah AFF saya rasa akan lebih kondusif,” ucap Menpora menyoal keributan di pertemuan terakhir.

“Ya pokoknya untuk seluruh pemain, saya berharap kalian mewakili merah putih jadi tunjukkan sikap sabar, santun kita sebagai budaya Indonesia dan pokoknya jangan terpancing emosi,” imbuhnya.

Laga semifinal Piala AFF U-23 2023 antara Indonesia vs Thailan berlangsung Kamis (24/08/23) di Stadion Rayong, Thailand. 

Untuk lawan Thailand, pelatih Shin Tae-yong telah melakukan analisa pertandingan. Tuan rumah dinilai tetap berbahaya, meski tak turunkan skuad terbaik.

Juru taktik berpaspor Korea Selatan itu berjanji menampilkan permainan atraktif yang menyerang. Indonesia harus habis-habisan supaya raih tiket babak final Piala AFF U-23 2023.

Saat ini, skuad Garuda Muda hanya beranggotakan 20 pemain. Satu pemain, Irfan Jauhari masih dalam kondisi cedera, sedangkan dua lainnya yakni Komang Teguh dan Titan Agung tak bisa dimainkan karena terkendala sanksi AFC.