Timnas Indonesia

Media Malaysia Klaim Negaranya Bantu Timnas Indonesia Lolos Semifinal Piala AFF U-23

Rabu, 23 Agustus 2023 21:00 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Juni Adi
© PSSI
Lolosnya Timnas Indonesia U-23 ke semifinal Piala AFF U-23 menjadi sorotan media di Malaysia karena diraih berkat bantuan regulasi dan kemenangan timm lain. Copyright: © PSSI
Lolosnya Timnas Indonesia U-23 ke semifinal Piala AFF U-23 menjadi sorotan media di Malaysia karena diraih berkat bantuan regulasi dan kemenangan timm lain.

INDOSPORT.COM - Lolosnya Timnas Indonesia U-23 ke babak semifinal Piala AFF U-23 menjadi sorotan sebuah media di Malaysia karena diraih berkat bantuan regulasi dan kemenangan tim lain.

Ajang Piala AFF U-23 2023 telah menuntaskan pertandingan fase grup. Hasilnya, empat tim lolos ke babak semifinal, yakni Malaysia, Vietnam Indonesia, dan Thailand.

Thailand, Malaysia, dan Vietnam berhasil lolos sebagai juara grup. Sedangkan Timnas Indonesia U-23 memastikan tiket ke semifinal usai menjadi runner up terbaik.

Media Makan Bola menulis dalam artikelnya yang terbit pada hari Rabu (23/08/23) soal penyebab tidak masuk akal Timnas Indonesia bisa lolos ke putaran 4 besar.

“Majunya Timnas U-23 Indonesia ke babak semifinal Piala U-23 mengundang banyak tanya dari para pecinta sepak bola Asia Tenggara,” tulis Makan Bola.

Pertanyaan yang diajukan Makan Bola tersebut bukanlah tanpa sebab. Pasalnya, pasukan Shin Tae-yong hanya mengantongi 3 poin dari dua laga di babak penyisihan grup.

Merujuk aturan yang dikeluarkan AFF, empat tim yang lolos ke babak semifinal Piala AFF U-23 2023 terdiri dari tiga juara grup dan satu runner-up terbaik.

Menurut media tersebut, raihan poin Garuda Muda ini lebih sedikit dari runner-up Grup A, Kamboja, yang mengantongi 4 poin dari 3 pertandingan.

Kamboja menang 5-0 atas Brunei Darussalam, kemudian imbang 1-1 dari Myanmar sebelum dikalahkan Thailand 0-2 di laga terakhir.

Catatan ini sejatinya bisa membuat Kamboja berhak lolos ke babak semifinal menyusul Thailand, Malaysia, dan Vietnam ketimbang Timnas Indonesia. Namun faktanya tidak demikian.