In-depth

3 Pemain Timnas Indonesia U-23 yang Bisa Repotkan Pertahanan Thailand di Semifinal Piala AFF U-23

Kamis, 24 Agustus 2023 06:45 WIB
Editor: Juni Adi
© PSSI
Bomber Timnas Indonesia U-23, Ramadhan Sananta merayakan gol ke gawang Malaysia di Piala AFF U-23 2023. Copyright: © PSSI
Bomber Timnas Indonesia U-23, Ramadhan Sananta merayakan gol ke gawang Malaysia di Piala AFF U-23 2023.

INDOSPORT.COM - Ada harapan timnas Indonesia U-23 untuk bisa mengalahkan Thailand di semifinal Piala AFF U-23 karena punya tiga pemain andalan yang bisa merepotkan.

Duel seru tersaji di salah satu pertandingan babak semifinal antara Thailand U-23 vs Timnas Indonesia U-23 di Stadion Rayong Provincial, pada Kamis (24/08/23) malam WIB.

Thailand merupakan salah satu kandidat juara di turnamen ini menyusul performa apik mereka di babak penyisihan grup A. Tim Gajah Perang mampu meraih tiga kemenangan beruntun, dan mengumpulkan poin sempurna 9.

Alhasil, Thailand pun berhak lolos ke semifinal dengan status juara grup A. Sementara timnas Indonesia U-23, lolos setelah bergantung nasib dari tim lain lewat jalur runner-up terbaik.

Skuad Garuda Muda melaju berkat kukuh di puncak klasemen runner-up grup terbaik dengan perolehan tiga poin dari dua penampilan di fase grup B.

Posisi kedua dan ketiga masing-masing dihuni Kamboja dan Filipina. Kedua tim sama-sama mengemas satu poin dalam perhitungan runner up terbaik Piala AFF U-23 2023.

Secara poin, sebenarnya timnas Indonesia U-23 kalah dari Kamboja karena berselisih satu angka. Indonesia mengumpulkan 3 poin, sementara Kamboja 4 poin.

Hanya saja kemenangan telak Kamboja atas Brunei Darussalam tidak dihitung karena Grup A berisikan empat tim, sedangkan grup lain hanya tiga tim. Maka hasil melawan tim juru kunci tak masuk hitungan.

Dari tiga pertandingan di Grup A selain melawan Brunei Darussalam, Kamboja hanya bisa meraih 1 poin dari menahan imbang Myanmar 1-1 dan kalah oleh Thailand 2-0.

Kini, timnas Indonesia U-23 tengah fokus mempersiapkan diri jelang menghadapi Thailand. Sebab tim lawan di atas kerta diunggulkan, menyusul penampilan berbeda dari kedua tim selama fase grup.

Kendati demikian, bukan berarti peluang anak asuh Shin Tae-yong tidak ada. Mereka masih punya harapan menang, apalagi ada tiga pemain yang bisa jadi andalan merepotkan pertahanan Thailand, siapa saja?