Timnas Indonesia

Hasil Final Piala AFF U-23 2023 Vietnam vs Timnas Indonesia: Kalah Penalti, Garuda Runner Up

Sabtu, 26 Agustus 2023 23:01 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© PSSI
Pemain Timnas Indonesia U-23, Muhammad Ferrari (kanan) mempertahankan bola dari rebutan pemain Thailand U-23 pada laga babak semifinal Piala AFF U-23 2023 di Rayong Provincial Stadium, Kamis (24/08/23). Copyright: © PSSI
Pemain Timnas Indonesia U-23, Muhammad Ferrari (kanan) mempertahankan bola dari rebutan pemain Thailand U-23 pada laga babak semifinal Piala AFF U-23 2023 di Rayong Provincial Stadium, Kamis (24/08/23).

INDOSPORT.COM – Hasil final Piala AFF U-23 Vietnam vs Timnas Indonesia pada Sabtu (26/08/2023) malam WIB, skuad Garuda harus puasa finish sebagai runner up usai tumbang di babak adu penalti.

Bertanding di Stadion Provinsi Rayong, skuat Garuda jalani laga berat dengan menghadapi Vietnam untuk memperebutkan gelar juara Piala AFF U-23 2023.

Turun dengan formasi 5-3-2, skuat Garuda Muda berhasil tampil dominan dan beberapa kali mengurung pertahanan Vietnam.

Pada menit 26', Timnas U-23 dapat peluang melalui tendangan bebas Rifky Dwi Septiawan, namu sayang bola masih bisa ditepis penjaga gawang lawan.

Di menit 34', Ernando berhasil melakukan penyelamatan luar biasa dengan menggagalkan penalti lawan dan membuat Timnas Indonesia terhindar dari kebobolan.

Meski banyak ciptakan peluang, namun hingga jeda turun minum tak ada gol yang mampu dibuat Timnas Indonesia dan Vietnam.

Selepas jeda, Timnas Indonesia masih bermain dominan dan berhasil ciptakan peluang berbahaya di menit 55' melalui tendangan keras Sananta. Sayang bola masih bisa ditepis kiper lawan.

Menit 77’ dan 76’, Ramadhan Sananta membuat dua peluang emas yang masih belum bisa berbuah gol ke gawang Vietnam.

Hingga peluit panjang berbunyi, skor masih sama kuat 0-0 dan membuat laga berlanjut ke babak perpanjangan.

Pada masa extra time, baik Timnas Indonesia maupun Vietnam sama-sama bermain agresif dan tidak menurunkan intensitas serangan.

Akan tetapi buruknya penyelesaian akhir membuat kedudukan imbang tetap tak berubah dan mengharuskan laga berlanjut ke babak adu penalti.

Di babak adu tos-tosan, semua penendang Vietnam dan Timnas Indonesia berhasil menjalankan tugas. Namun Ernando Ari yang jadi eksekutor terakhir gagal mencetak gol.

Vietnam pun berhasil menang di final Piala AFF U-23 2023 dengan skor adu penalti 6-5.