Timnas Indonesia

Dicap Gagal di Era Fakhri Husaini, Rifky Dwi Septiawan Makin Beringas Bareng STY

Senin, 28 Agustus 2023 15:23 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Rifky Dwi Septiawan bawa Timnas Indonesia U-23 jadi runner up di Piala AFF U-23. (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Rifky Dwi Septiawan bawa Timnas Indonesia U-23 jadi runner up di Piala AFF U-23. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Setelah dicap gagal di era Fakhri Husaini, Rifky Dwi Septiawan kini makin beringas bersama timnas Indonesia U-23 yang dipimpin oleh Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia U-23 baru saja bertanding di final Piala AFF U-23 2023 menghadapi Vietnam di Rayong Provincial Stadium, Thailand, Sabtu (26/08/23) malam.

Timnas Indonesia U-23 mampu menahan imbang Vietnam hingga 90 menit waktu normal, ditambah 2 x 15 menit babak perpanjangan waktu, skor masih 0-0.

Garuda Muda akhirnya menjadi runner up saat Ernando Ari gagal mengeksekusi sepak penalti menjadi gol, sementara Vietnam kini menjadi juara bertahan di Piala AFF U-23.

Terlepas dari kegagalan menjadi juara, Timnas Indonesia U-23 perlu mendapatkan apresiasi karena bisa melaju ke final meski tidak ada target dalam kompetisi ini.

Apalagi Timnas U-23 tidak diperkuat oleh pemain utama yang tidak dilepas oleh klub Liga 1, maupun pemain yang berkarier di luar negeri.

Salah satu pemain yang tadinya bukan pemain prioritas di Timnas Indonesia U-23, Rifky Dwi Septiawan justru bersinar di sepanjang AFF U-23.

Rifky Dwi Septiawan bermain penuh saat Timnas U-23 menaklukkan Timor Leste dengan skor 1-0. Saat itu ia bermain sebagai gelandang bertahan.

Pemain Persita Tangerang itu juga bermain full 90 menit saat Garuda membekuk sang tuan rumah Thailand di semifinal, skor 3-1. Tetapi Rifky Dwi main di gelandang tengah.

Rifky Dwi kembali diandalkan di laga final Piala AFF U-23 2023 menghadapi Vietnam, meski akhirnya ia diganti Frengky Missa jelang peluit panjang berbunyi.