Bola Internasional

FIFA Turun Tangan, Presiden 'Mesum' FA Spanyol Luis Rubiales Terancam Dicekal 15 Tahun

Selasa, 29 Agustus 2023 17:55 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Getty Images
Presiden FA Spanyol (RFEF), Luis Rubiales, yang melecehkan pemain Timnas Wanita Spanyol terancam dicekal 15 tahun oleh FIFA dalam tuntutan terbaru. Copyright: © Getty Images
Presiden FA Spanyol (RFEF), Luis Rubiales, yang melecehkan pemain Timnas Wanita Spanyol terancam dicekal 15 tahun oleh FIFA dalam tuntutan terbaru.

INDOSPORT.COM - Presiden FA Spanyol (RFEF), Luis Rubiales, yang melecehkan pemain Timnas Wanita Spanyol terancam dicekal 15 tahun oleh FIFA dalam tuntutan terbaru.

Sebelumnya, FIFA menjatuhkan skors kepada Luis Rubiales selama 90 hari (3 bulan) dilarang berkegiatan di sepak bola buntut insiden mencium bibir pemain timnas wanita Spanyol, Jennifer Hermoso.

Insiden terjadi dalam seremoni juara Piala Dunia Wanita yang dimenangkan oleh Jennifer Hermoso dkk. pada 20 Agustus kemarin.

Namun dalam tuntutan terbaru, seperti melansir Football Espana, FIFA bisa mendesak pengadilan olahraga Spanyol menjatuhkan sanksi skors maksimal 15 tahun.

“FIFA akan menekan Luis Rubiales untuk pencekalan dari sepak bola selama 15 tahun karena tidak mempedulikan aspirasi petinggi (di Spanyol) untuk mundur),” tulis pernyataan FIFA, Senin (28/08/23).

Desakan FIFA ini tak lepas dari sikap Luis Rubiales yang baik-baik saja setelah sanksi skors 3 bulan dijatuhkan. Rubiales bahkan menolak mengundurkan diri dari jabatannya di RFEF.

Dalam pernyataan resminya, Rubiales justru menyatakan kaum feminis palsu harus bertanggung jawab atas reaksi yang menentangnya, dan mengancam akan menuntut Jennifer Hermoso.

Kesal dengan sikap Rubiales, FIFA pun akan melobi larangan beraktivitas sepak bola lebih lama, dengan kasusnya saat ini sedang diproses melalui badan hukum Spanyol.

Dipahami, para jaksa penuntut di pengadilan kriminal Spanyol sedang melakukan menyelidiki tindakan Rubiales yang mencium Jennifer Hermoso, pada seremoni juara Piala Dunia Wanita 2023.

Pengadilan nantinya akan memutuskan apakah kasus tersebut termasuk pelanggaran serius atau sangat serius, dan perlunya membuka kasus disipliner terhadap Rubiales.