In-depth

Prediksi Ranking FIFA Timnas Indonesia Bila Menang atas Turkmenistan, Salip 2 Negara Afrika

Selasa, 29 Agustus 2023 18:25 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia saat melawan Argentina. (Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT) Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia saat melawan Argentina. (Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia senior besutan Shin Tae-yong akan bersua Turkmenistan dalam pertandingan uji coba bertajuk FIFA Matchday September 2023.

Pertandingan FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Turkmenistan dijadwalkan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya pada 8 September 2023 mendatang.

Jelang pertandingan tersebut, Shin Tae-yong sudah menentukan 24 pemain untuk dipanggil mengikuti pemusatan latihan (TC).

Para pemain diberikan undangan untuk berkumpul pada 4 September 2023. Salah satu yang mengejutkan adalah kembalinya Egy Maulana Vikri.

Sebelumnya, pemain jebolan Diklat Ragunan itu sempat terlupakan. Terakhir kali Egy Maulana Vikri dipanggil ke Timnas Indonesia pada Maret 2023 lalu.

Selain kembalinya nama-nama lama, pada pemanggilan ini juga ada pemain-pemain yang berkiprah di luar negeri seperti Asnawi Mangkualam (Jeongnam Dragons), Sandy Walsh (KV Mechelen), Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim), Shayne Pattynama (Viking FK), Saddil Ramdani (Sabah FC) dan lain-lain.

Selain itu, ada sejumlah debutan pemain yang turut dipanggil seperti Wahyu Prasetyo (PSIS), Ryan Kurnia (Persib), Aji Kusuma (Persija), dan lain-lain.

Tim Persib Bandung menjadi penyumbang pemain paling banyak pada kesempatan kali ini yakni sebanyak empat pemain, diikuti Borneo FC, PSM Makassar dan Persikabo yang masing-masing menyumbang tiga pemain.

Meski begitu, Skuat Garuda tidak akan mudah dalam menghadapi Turkmenistan. Pasalnya ada beberapa pemain andalan di bawah usia U-23 yang harus absen.

Mereka yaitu Rizky Ridho, Elkan Baggott, Pratama Arhan, Marselino Ferdinan, dan Ivar Jenner. Bukan tanpa alasan, mereka telah disiapkan untuk membela Timnas Indonesia U-23 di ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2023.

Ajang tersebut bertabrakan dengan jadwal FIFA Matchday. Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 digelar pada 6-12 September 2023 mendatang.

Meski tanpa Elkan Baggott dkk, Timnas Indonesia senior tetap wajib menang. Bila mampu melibas Turkmenistan, Skuat Garuda bakal mengalami kenaikan ranking FIFA.