In-depth

Profil Ryan Kurnia, Pemain Persib yang Baru Pertama Kali Cicipi Dipanggil ke Timnas Indonesia

Selasa, 29 Agustus 2023 17:47 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Juni Adi
© Arif Rahman/INDOSPORT
Winger Persib Bandung, Ryan Kurnia dikawal ketat pemain Dewa United. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Winger Persib Bandung, Ryan Kurnia dikawal ketat pemain Dewa United.

INDOSPORT.COM - Profil Ryan Kurnia, pemain Persib Bandung yang baru pertama kali dipanggil Timnas Indonesia untuk persiapan FIFA Matchday pada September 2023.

Ryan Kurnia, menjadi salah satu pemain dari empat pilar Persib Bandung, yang mendapat panggilan bergabung dengan Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday melawan Turkmenistan, 8 September 2023. 

Pertandingan ini rencananya akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Menjelang FIFA Matchday tersebut, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memanggil 24 pemain termasuk Ryan Kurnia.

"Sudah ada info dari Pak Yudiana (sekertaris tim Persib), kirim chat pribadi ada nama Ryan di situ," kata Ryan Kurnia di Stadion Persib, Selasa (29/08/23).

Ryan mengaku bersyukur, mendapatkan kesempatan untuk bergabung dengan Timnas Indonesia, apalagi pemanggilan memperkuat tim nasional merupakan yang pertama baginya.

Sehingga, sebagai pemain sepak bola profesional, Ryan Kurnia memiliki motivasi berlipat untuk menampilkan permainan terbaiknya dan menjawab kepercayaan yang diberikan oleh pelatih Shin Tae-yong.

"Iya, belum pernah sebelumnya. Ini baru pertama kali gabung tim nasional. Tentunya sangat senang sekali bisa dipanggil sama timnas. Suatu kebanggaan tersendiri buat saya karena menjadi cita-cita saya dari kecil," tegasnya.

Sebagai informasi, Ryan Kurnia merupakan pemain kelahiran Bogor, 28 Juni 1996, dia bergabung dengan Persib Bandung untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 2023-2024.

Manajemen Persib memberikan kontrak kepada Ryan dengan durasi dua tahun. Perekrutan dan durasi kontrak tersebut sesuai dengan rekomendasi yang diberikan oleh tim pelatih.

Sebelum bergabung dengan Persib, Ryan Kurnia ternyata sempat mendapat tawaran dari tiga klub peserta Liga 1 lainnya, yakni Barito Putera, Persebaya Surabaya dan Persija Jakarta.

Perjalanan Karier Ryan Kurnia

Namun, Ryan Kurnia memutuskan untuk menolak tawaran tiga klub tersebut dan memilih bergabung dengan tim kebanggaan Bobotoh untuk mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024.

Ryan mengungkapkan alasannya memilih Persib, sebagai tim yang akan dibelanya saat mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024. Padahal sama seperti Persib, Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya merupakan klub besar di Indonesia.

Menurut Ryan, sebagai orang Jawa Barat pasti ada rasa bangga bisa memperkuat skuad Maung Bandung. Selain itu, Persib sudah jauh-jauh hari berminat untuk merekrutnya.

Sehingga, saat kontraknya dengan Persikabo 1973 selesai, Ryan langsung merespon tawaran bergabung dengan Persib untuk persiapan mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024.

Sebelum bergabung dengan Persib untuk kompetisi Liga 1 2023-2024, musim lalu Ryan Kurnia bermain untuk Persikabo 1973.

Selama kompetisi Liga 1 musim 2022-2023, Ryan menjadi salah satu pemain andalan Persikabo, tercatat dia tampil dalam 30 pertandingan dari 34 laga di musim tersebut.

Selain itu, Ryan Kurnia juga menyumbangkan empat gol dan lima assist di Persikabo saat mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023, dengan mengumpulkan 1.583 menit bermain.

Sebelumnya, pemain berusia 26 tahun tersebut sudah sempat memperkuat beberapa klub di Indonesia, diantaranya PSGC Ciamis, Martapura FC, Persita Tangerang, Sulut United, hingga Arema FC.

Ryan biasa bermain di sisi kanan lapangan. Meskipun demikian, dia juga bisa dimainkan sebagai pemain sayap kiri.

Sejauh ini, hingga memasuki pekan ke-10 kompetisi Liga 1 2023-2024, Ryan Kurnia tampil dalam delapan pertandingan, selain itu dia juga sudah mengoleksi satu gol.