Liga Indonesia

Gerbong PSIS Semarang Jadi Tumpuan Malut United FC Kejar Promosi ke Liga 1

Jumat, 1 September 2023 23:52 WIB
Editor: Indra Citra Sena
© Media Malut United FC
Pelatih Malut United FC, Imran Nahumarury (paling kiri). Copyright: © Media Malut United FC
Pelatih Malut United FC, Imran Nahumarury (paling kiri).

INDOSPORT.COM - Eksistensi Malut United FC boleh saja masih seumur jagung, tapi semangat dan ambisi mereka rupanya tidak kalah besar dari kontestan lain di Liga 2 2023/24. 

Klub yang resmi mengakuisisi Putra Delta Sidoarjo (PDS) per 28 Mei silam ini tancap gas mematok target juara plus promosi ke Liga 1. 

Penunjukkan Imran Nahumarury sebagai pelatih membuktikan bahwa target tersebut tidak main-main. Dia merupakan salah satu legenda timnas Indonesia sekaligus juru taktik berlisensi A AFC. 

Sekitar dua tahun lalu, Imran pernah bertugas di PSIS Semarang sebagai asisten, namun sempat memimpin tim selama beberapa laga sebelum manajemen menggaet pelatih asing berpaspor Skotlandia, Ian Andrew Gillan, pada pertengahan musim 2021/22. 

Selama di sana, Imran terkenal akrab dengan para pemain. Sebuah relasi yang terjalin erat, bahkan kelak dipertemukan kembali di Malut Uniten FC menjelang kick-off Liga 2 2023/24. 

Imran Nahumarury ibarat membawa gerbong dari PSIS Semarang untuk mendandani skuat Malut United FC. Tercatat semua posisi ada ditempati pemain senior berstatus mantan idola publik Ibu kota Jawa Tengah tersebut. 

Sebut saja Joko Ribowo (kiper), M. Rio Saputro (bek), Finky Pasamba (gelandang), dan Hari Nur Yulianto (striker). Belum lagi keberadaan sosok jimat promosi klub-klub Liga 2 bernama Rifal Lastori yang pernah membawa PSIS naik kasta. 

"Manajemen sudah berulang kali bilang bahwa target Malut United musim ini adalah meraih tiket promosi ke Liga 1. Caranya ya dengan membangun skuat berkualitas ditambah kerja keras," kata Imran Nahumarury

"Sewaktu ditunjuk menangani Malut United FC, saya tak punya banyak waktu untuk membangun skuat. Sehingga, merekrut pemain-pemain yang sudah paham dengan racikan taktik saya adalah jalan terbaik," cetusnya. 

Keberadaan gerbong PSIS Semarang di tubuh Malut United FC sekaligus memberikan benefit tersendiri. Baik Imran maupun para pemainnya sudah saling mengenal karakter masing-masing. 

"Kedekatan emosional itu penting. Tugas saya membuat mereka nyaman di sini. Sekarang tinggal bagaimana mereka melakukan semua yang sudah kita persiapkan selama ini," tandas Imran Nahumarury. 

Sekadar mengingatkan, Malut United FC tergabung di Grup 2 Liga 2 2023/24 bersama klub-klub asal Pulau Jawa, yakni FC Bekasi City, Nusantara United FC, Perserang Serang, Persikab Kab. Bandung, PSIM Yogyakarta, dan PSKC Cimahi. 

Mereka dikepung klub-klub dari Pulau Jawa karena manajemen telah memutuskan untuk bermarkas sementara di Jakarta dengan alasan belum adanya fasilitas stadion yang memenuhi standar pertandingan Liga 2 di Maluku Utara. 

Ada pun venue pilihan Malut United FC untuk mengarungi Liga 2 2023/24 kemungkinan besar adalah Stadion PTIK yang tidak lain merupakan markas salah satu klub elite Liga 1, Bhayangkara FC. 

Daftar Pemain Malut United FC untuk mengarungi Liga 2 2023/24. 

1. Ahmad Subagja Baasith
2. Aditya Putra Dewa
3. Aldhila Ray Redondo
4. Andreas Chrismanto Ado
5. Dedy Gusmawan
6. Donny Monim
7. Eduardus Aditya Dwi Prasetya
8. Finky Pasamba
9. Firmansyah
10. Hari Nur Yulianto
11. Hendra Adi Bayauw
12. Hendra Molle
13. Ichlasul Qadri
14. Ilhamudin Armaiyn
15. Irsan Rahman Lestaluhu
16. Iswandi Andar
17. Izmy Yaman Hatuwe
18. Joko Ribowo
19. M Rafly Selang
20. M Bagus Nirwanto
21. M Rio Saputro
22. M Sebastian Veron 
23. Mukhammad Isaev
24. Ridwan Tawainella
25. Rifal Lastori
26. Riki Togubu
27. Rizky Maulana Putra
28. Saddam Hi Tenang
29. Syarif Wijianto
30. Zulfikram Iskandar Alam
31. Hairul Buamona