In-depth

Apa Kabar Peter Odemwingie? Eks Marquee Player Madura United yang Pernah Gemparkan Liga 1

Sabtu, 2 September 2023 19:36 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Mantan marquee player Madura United, Peter Odemwingie. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Mantan marquee player Madura United, Peter Odemwingie.

INDOSPORT.COM - Kompetisi Liga 1 2017 pernah gempar dengan kedatangan sejumlah pemain asing kelas dunia. Mereka datang ke klub seiring regulasi khusus Marquee Player.

Namun dari sekian pemain asing kelas dunia yang datang, mungkin hanya Peter Odemwingie yang sukses menggemparkan kompetisi sepak bola tertinggi di Indonesia.

Datang dari Rotherham United, klub Championship atau kasta kedua Liga Inggris, Odemwingie sukses membuktikan kualitasnya belum habis memasuki usia 36 tahun.

Dua bahkan jadi pendulang utama dari produktivitas Madura United musim 2017. Peter Odemwingie menyumbang 15 gol dari total 58 gol timnya alias hampir 20 persen.

Karier cemerlangnya di Liga Inggris saat memperkuat West Bromwich Albion hingga Stoke City, masih tampak nyata saat dia berlaga di kompetisi Liga 1.

Gol-golnya terbilang nyaris ciamik semua, berkat kerja sama apik dengan Greg Nwokolo dkk atau skill individu hebatnya dalam menunjang prestasi Madura United.

Salah satu gol fantastis adalah ketika Peter Odemwingie membobol gawang Persija Jakarta dengan shooting sejauh 30 an meter saat MU menang 2-0 (24/03/17) silam.

Sayang, karier cemerlangnya sebagai marquee player Madura United ditutup dengan statistik buruk. Peter Odemwingie pertama kali mencatat kartu merah.

Striker Timnas Nigeria di Piala Dunia 2014 Brasil itu terpancing emosi, lalu melayangkan tekel keras dan diusir keluar wasit pada menit 57 di Stadion Gelora Bangkalan (08/11/17).

Saat itu, Bhayangkara FC menang 3-1 sekaligus menentukan trofi juara kompetisi. Sedangkan Madura United finis di peringkat ke-5 dengan 60 poin.

Pegolf Handal

Lantas, bagaimana kabar terbaru dari Peter Odemwingie? Kini, figur kelahiran Tashkent, Uzbekistan itu memasuki usia 42 tahun dan sudah gantung sepatu.

Madura United menjadi klub terakhir yang diperkuatnya sebagai pesepak bola profesional. Kegiatannya sejak pensiun pada 2018, dihabiskan tak jauh dari olahraga.

Namun, bidang yang ditekuni Odemwingie berbeda. Setelah sepak bola, dia kini menggeluti dunia olahraga golf di Inggris dalam 3 tahun terakhir.

Sosok yang sempat membela Lokomotif Moskow itu terbilang aktif di media sosial, terutama Twitter atau yang kini menjadi X. Banyak kegiatan golf diunggahnya.

Indosport menelusuri jejak digitalnya di media sosial X, tapi akunnya @OdemwingieP sudah tak ditemukan lagi. Namun, masih banyak mention menyinggung akun resminya itu.

Kegiatannya sebagai pegolf handal terakhir kali terunggah pada Agustus 2022 lalu. Ketika itu, Peter Odemwingie mengikuti kejuaraan golf bertajuk British Par 3 di Inggris.

Namun, atensinya untuk dunia sepak bola masih tetap tersemat. Setidaknya, dia pernah menitipkan statement untuk eks klubnya di Liga Inggris, West Bromwich Albion pada 29 Juli 2022 lalu.

"Halo semuanya, saya akan tampil pada laga amal (Sidemen FC vs Youtuber Allstars) di Stadion (Valley, markas klub) Charlton pada 24 September (2022) nanti," tutur Odemwingie melalui video.