In-depth

Daftar Lengkap Transfer Resmi Liga Italia 2023/2024: AC Milan Paling Ganas, AS Roma Belanja 'Cerdas'

Sabtu, 2 September 2023 13:54 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Alberto Lingria
Bursa transfer musim panas 2023 untuk Liga Italia (Serie A) baru saja ditutup pada hari ini, Sabtu (02/09/23) pagi WIB. (Foto: REUTERS/Alberto Lingria) Copyright: © REUTERS/Alberto Lingria
Bursa transfer musim panas 2023 untuk Liga Italia (Serie A) baru saja ditutup pada hari ini, Sabtu (02/09/23) pagi WIB. (Foto: REUTERS/Alberto Lingria)

INDOSPORT.COM - Bursa transfer musim panas 2023 untuk Liga Italia (Serie A) baru saja ditutup pada hari ini, Sabtu (02/09/23) pagi WIB.

Para klub penantang gelar juara musim ini seperti AC Milan, Inter Milan, AS Roma, Juventus, dan juga Napoli sudah harus merampungkan aktivitas jual dan beli mereka sampai pembukaan window baru pada Januari 2024 mendatang.

Pada bursa transfer lalu Liga Italia masih menjadi kompetisi dengan pengeluaran terbesar di Eropa dengan akumulasi lebih dari 845 juta Euro atau sekitar atau nyaris 14 triliun Rupiah menurut kalkulasi Transfermarkt.

Memang belum bisa dibandingkan dengan Liga Inggris yang bisa membelanjakan 2,7 miliar Euro namun setidaknya sudah ada geliat yang ditunjukkan pasca krisis pandemi global beberapa tahun terakhir.

AC Milan menjadi tim terboros dan satu-satunya yang menghabiskan 100 juta Euro lebih di Liga Italia berkat 10 pembelian mayor pemain baru.

Christian Pulisic, Samuel Chukwueze, dan Yunus Musah menjadi rekrutan termahal mereka dengan kisaran harga 20 juta Euro untuk setiap kepalanya.

Sementara itu AS Roma tidak kalah agresif berkat penyambutan tujuh pemain baru yang hebatnya hanya menghabiskan dana 9,3 juta Euro saja.

Serigala Ibu Kota banyak mengandalkan pemain free agent dan meminjam untuk mengakali minimnya bujet mereka di bursa transfer. Houssem Aouar dan Evan Ndicka diboyong gratis sementara Romelu Lukaku, Renato Sanches, Sardar Azmoun, juga Rasmus Kristensen dikontrak dari klub lain.

Hanya Leandro Paredes saja yang mereka beli secara permanen seharga 2,5 juta Euro. Dengan demikian AS Roma bisa realistis mentargetkan empat besar pada 2023/2024.

Strategi serupa juga digunakan Inter Milan meski mereka tetap mengeluarkan cukup banyak uang. Biru-Hitam mendapatkan Alexis Sanchez, Davy Klaassen, Raffaele Di Gennaro, dan tujuh nama lainnya secara cuma-cuma dan pinjam.

Akan tetapi tetap ada anggaran yang dipakai senilai 63 juta Euro terutama untuk menebus Benjamin Pavard yang menyedot nyaris 50% dari dana tadi.

Yang agak berbeda adalah Juventus dan Napoli yang boleh dibilang tidak melakukan banyak manuver karena kedua tim fokus mempermanenkan para pemain yang menjadi pilar mereka musim lalu.

Di kubu Bianconeri ada Moise Kean, Manuel Locatelli, dan Arkadiusz Milik. Sementara itu Partenopei memperpanjang masa bakti Giacomo Raspadori dan Giovanni Simeone.

Napoli secara mengejutkan masih bisa mempertahankan sebagian besar bintang mereka yang berperan besar dalam sukses Scudetto musim lalu usai hanya Kim Min-jae dan Hirvin Lozano saja yang pergi.

Laba penjualan keduanya kemudian diputar untuk dibelikan Jesper Lindstrom dan empat nama baru lainnya. Gabri Veiga juga sempat diincar namun justru sang wonderkid Spanyol di saat-saat terakhir berpaling untuk hijrah ke Arab Saudi.