Bola Internasional

Eks Asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia Gabung Korea Selatan

Sabtu, 2 September 2023 17:38 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© PSSI
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Mantan asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Lee Jae-hong, resmi bergabung dengan tim nasional Korea Selatan.

Melansir dari Yonhap, Lee Jae-hong ditunjuk sebagai pelatih fisik Timnas Korea Selatan yang diasuh oleh pelatih kepala asal Jerman, Jurgen Klinsmann.

Ini menjadi periode kedua Lee Jae-hong untuk tim nasional negaranya, setelah sebelumnya juga bertugas sebagai pelatih fisik selama Piala Dunia 2018 Rusia.

Kala itu, Lee Jae-hong bekerja di bawah tiga pelatih berbeda dari 1 Januari 2017 sampai 31 Desember 2018, yakni Uli Stielike, Paulo Bento, dan Shin Tae-yong, menurut data Transfermarkt.

Namun, setelah Korea Selatan gagal di Piala Dunia 2018, dirinya mengundurkan diri bersama-sama dengan Shin Tae-yong.

Lee Jae-hong sempat melatih di Seoul FC sebelum mendapat panggilan bekerja sama lagi dengan Shin Tae-yong yang ditunjuk melatih Timnas Indonesia pada Januari 2020 silam

Setelah hanya dua tahun menjalankan tugasnya, Lee Jae-hong mengundurkan diri bersama dua asisten Shin Tae-yong lainnya, yakni Kim Hae-woon dan Kim Woo-jae pada 2020 lalu.

Bergabungnya kembali Lee Jae-hong dengan Timnas Korea Selatan merupakan bagian dari perombakan susunan pelatih yang dilakukan Jurgen Klinsmann.

Pada perombakan itu, Klinsmann juga menunjuk putra Cha Bum-keum, yakni Cha Du-ri, sebagai asisten pelatihnya yang kelima.

Cha Du-ri sendiri sebelumnya juga bekerja di Timnas Korea Selatan sebagai penasihat teknis, namun beralih tugas menggantikan Michael Kim yang mengundurkan diri.